Macam-Macam Kelas Menulis 2017

Banyak ibu rumah tangga (IRT) yang mengaku punya impian sejak kecil, yaitu menjadi penulis buku. Pasalnya, mereka juga suka menulis diary ketika masih duduk di bangku SD dan gemar dengan pelajaran mengarang. Apalagi mendengar kalau IRT lain ada yang jadi penulis sekaligus memiliki penghasilan sendiri tanpa harus ke luar rumah. Anda juga ingin menjadi penulis? Lakukan hal ini dulu. Satu, buat manajemen waktu. Menjadi IRT sudah memiliki segudang aktivitas domestik. Seperti mengurus keperluan suami dan anak-anak, memasak, membersihkan rumah, dan masih banyak lag. Bahkan mengaku tidak punya waktu untuk diri sendiri, termasuk menulis. Agar tugas utama Anda tetap berjalan lancar dan masih bisa menulis, maka jalan keluarnya adalah membuat manajemen waktu. Dua, catatlah aktivitas apa saja yang harus Anda lakukan setiap hari. Dalam menyusun manajemen waktu, catat semua kegiatan Anda sebagai IRT sekaligus aktivitas diri sendiri, termasuk menulis. Contohnya: belanja, memasak, mencuci baju, membersihkan rumah, menulis, bermain dengan anak,cek keperluan suami dan anak. Harus menulis semuanya tanpa lupa satu kegiatan pun. Tiga, dari daftar catatan tersebut, buat perkiraan dilakukan jam berapa saja. Misalnya: Jam 5-6 pagi: memasak Jam 6: mengantarkan anak ke sekolah Jam 7-10: menunggu anak di sekolah sembari menulis, dan seterusnya Pastikan Anda memiliki jam khusus untuk menulis. Tidak harus lama, bisa cukup menyisikan 15 menit setiap harinya. Bagi IRT, banyak yang mengaku lebih suka menulis sebelum subuh karena anggota keluarga lain masih tidur sehingga bisa fokus. Empat, pastikan semua hak Anda, suami dan anak-anak terpenuhi di dalam manajemen waktu tersebut. Maka, baiknya ada jadwal kegiatan khusus bersama anak, jadwal khusus bersama pasangan, hingga ibadah. Dan jangan lupa untuk konsisten terhadap jadwal harian yang sudah Anda buat. Untuk memudahkan Anda membuat manajemen waktu, bisa mengikuti panduan di E-BOOK MANAJEMEN WAKTU dari yang bisa di-download secara GRATIS ini. DOWNLOAD SEKARANG Lalu, tulis jadwal harian Anda di Daily Activities for Mom sebagai papan mini pencatatan manajemen waktu. Jadi IRT sekaligus penulis? Bisa banget! Asal punya manajemen waktu dan konsisten.

Setelah artikel sebelumnya berjudul β€œ5 Cara Menulis Buku bagi Pemula Termasuk IRT”, maka selanjutnya Anda bisa mengikuti kelas menulis agar memudahkan proses menuju impian sebagai penulis.

Salah satu cara untuk menjadi penulis adalah mengikuti kelas menulis. Di kelas menulis, Anda akan dapat ilmu seputar teknik menulis yang benar sehingga dapat menghasilkan tulisan yang menarik. Baik itu dari segi pemilihan kata, alur cerita, konflik, membuat outline yang menarik penerbit, dan yang lainnya. Berikut ini macam-macam kelas menulis yang dapat Anda pilih.

Satu, kelas menulis yang berlangsung secara online.

Kelas menulis yang dilakukan dengan memaksimalkan internet ini memang cocok bagi (calon) penulis yang berdomisili jauh atau memiliki waktu yang tidak fleksibel, termasuk ibu rumah tangga (IRT). Dengan mengikuti kelas menulis, Anda bisa mendapatkan ilmu menulis dari mana saja dan kapanpun, selama di daerah Anda sudah terjangkau oleh koneksi internet yang mumpuni.

Dua, kelas menulis tatap muka atau offline.

Jenis kelas menulis ini berbanding terbalik dengan online. Anda harus meluangkan waktu tertentu dan datang ke lokasi kelas menulis. Keuntungan mengikuti kelas menulis tatap muka adalah dapat bertemu langsung kepada mentor, serta teman seperjuangan yang sama-sama masih belajar teknik menulis. Hal itu membuat Anda lebih leluasa bertanya juga. Tidak jarang Anda dapat melanjutkan diskusi dengan mentor dan peserta lain selepas kelas usai.

Tiga, kelas menulis gabungan, yang membutuhkan beberapa kali pertemuan, baik online maupun offline.

Setiap kelas menulis memiliki waktu tersendiri, tergantung pada kesepakatan awal antara mentor dengan peserta. Misalnya, mentor membuk kelas penulisan novel, maka setiap seminggu sekali para peserta wajib setor tulisan satu bab. Sedangkan Anda bisa menyetor naskah lewat online. Kelasnya baru usai jika Anda sudah tuntas menulis satu buah novel.

Empat, kelas menulis yang dilakukan satu atau dua hari.

Jenis kelas menulis seperti ini sangat cocok bagi siapa saja yang sibuk. Yang Anda perlukan adalah meluangkan waktu selama satu sampai dua hari penuh, khusus untuk mempelajari teknik menulis. Setelah mendapatkan ilmu terlebih dahulu, ada baiknya dilanjutkan dengan konsisten praktik menulis.

Apalagi, tahun 2017 sudah akan berakhir, Anda harus mewujdukan impian menjadi penulis di tahun 2018. Caranya, saat ini buat rencana belajar menulis dan konsisten menulis. Anda bisa membuat program setiap hari agar kualitas menulisnya kian meningkat. Catat program tersebut di Amazing Giant Calendar. Dapatkan juga bonus FREE E-BOOK DAN VIDEO TUTORIAL di AMAZING GIANT CALENDAR 2018 selama masa pre-order. Untuk informasi dan pre-order, silahkan KLIK DI SINI.

Siap menjadi penulis di tahun 2018? Petakan rencananya dari sekarang dengan Amazing Giant Calendar.