Lima Cara Membangun Personal Branding Bagi Penulis

Bagi penulis, membangun personal branding dirinya adalah hal yang wajib. Jika personal branding penulis sudah kuat, akan memudahkan bukunya diterima oleh khalayak luas. Bahkan, mengadakan bedah buku, meet and greet, talkshow pun dapat berlangsung ramai. Berikut ini cara penulis dalam proses mengembangkan personal branding.

Satu, mengenali apa yang menjadi kelebihan dan kelemahan diri sendiri. Ada baiknya membuat daftar di setiap plus minus yang dimiliki oleh Anda. Lalu, fokus pada kelebihan Anda sehingga dapat memutuskan akan menggali bidang apa. Sebagai contoh, Anda lebih sering juara lomba naskah romance yang berbalut religi lalu pilih genre tersebut.

Dua, buatlah hasil karya mengenai romance religi. Baik itu berbentuk novel, mengirimkan naskah cerpen ke majalah religi, hingga membuat posting di blog pribadi mengenai romance religi. Perlahan-lahan, para pembaca akan mengenal karakter karya Anda yang kelak dapat menjadi ciri khas. Dengan harapan, ketika masyarakat hendak mencari tulisan romance religi langsung teringat oleh Anda.

Tiga, membuat status, tweet, atau tulisan yang berbau romance religi. Seperti membuat status romantis tetapi tidak lepas dari norma, mengambil quote dari novel romance religi Anda, dan masih banyak lagi. Dengan tujuan, tulisa di media sosial tersebut memberi peneguhan perlahan-lahan kepada followers kalau Anda adalah penulis romance religi.

Empat, hal di atas juga berlaku ketika Anda menulis untuk blog. Anda harus mengisi blog yang sesuai dengan branding yang ingin dibangun. Untuk penulis romance religi, dapat membuat tulisan mengenai tips menulis naskah roman berbalut nilai agama, atau apa itu makna romantis tanpa keluar dari ajaran agama, dan yang lainnya.

Lima, yang terakhir adalah konsisten melakukan branding. Maksimalkan media sosial dan blog untuk membangun branding Anda sebagai penulis dengan karakteristik tertentu. Dengan sikap konsisten akan memberi efek positif pada jangka waktu yang panjang. Khalayak pun mulai mengenal dan menanamkan di pikiran, kalau membutuhkan novel romance religi akan mencari karya-karya buku atau tulisan Anda.