Latihan Menjadi Penulis dengan Membuat Target

Seperti di artikel sebelumnya yang berjudul 5 Cara Mudah Mencari Ide Menulis Buku, maka Anda tentu sudah menentukan akan menulis tentang apa. Perlu diketahui, setiap calon penulis atau penulis tentu ingin terus produktif dengan kontinyu menghasilkan karya buku. Maka, untuk meraih impian tersebut membutuhkan trik khusus. Salah satunya dengan memasang target kepada diri sendiri. Lalu, bagaimana langkah menyusun dan menggapai target tersebut? Anda dapat melakukan lima hal di bawah ini.

Satu, pahami mengenai kemampuan diri sendiri dahulu.

Jangan Anda paksakan di luar batas kemampuan karena bisa membuat kejenuhan, malas, hingga mengganggu kesehatan. Bila Anda penulis yang juga bekerja, pastikan waktu tepat untuk menulis. Contohnya, malam hari, atau subuh, dan waktu yang lainnya.

Dua, tentukan berapa banyak Anda menulis setiap harinya.

Mengapa setiap hari? Menjadi penulis membutuhkan keahlian yang wajib diasah dengan menulis setiap hari. Bisa hanya satu paragraf, atau satu halaman, atau tiga halaman setiap harinya. Anda sendirilah yang tahu mengenai kemampuan diri.

Tiga, tulis target jumlah halaman Anda dalam menulis di kertas yang besar.

Tulislah dengan huruf yang besar agar mudah dibaca kapan saja. Tujuan menulis target agar Anda termotivasi untuk terus menggapai keinginan tersebut, sekaligus sebagai cara agar menjadi penulis produktif.

Empat, jangan lupa menempel target di dinding agar Anda selalu teringat mengenai janji yang sudah dibuat.

Selain itu, dengan menempelkan target di dinding akan membuat anggota keluarga lain mengetahui target tersebut, sehingga Anda akan terdorong untuk terus mematuhinya.

Lima, patuhi semua target sesuai yang sudah ditulis di dinding tersebut.

Jika pada satu hari Anda tidak mencapai target, maka dapat menggantinya di hari berikutnya. Sebagai contoh, Anda punya target menulis tiga halaman setiap hari. Tapi pada hari tersebut Anda tidak sempat, maka esoknya harus menulis enam halaman.

Untuk mendukung pencapaian target tersebut, Anda harus mencatat kegiatan “menulis dan berapa targetnya” di Agenda Remaja Prestatif. Dengan begitu, Anda akan terus termotivasi menulis dan kelak bisa menghasilkan karya. Isinya apa aja sih? Ada catatan khusus tugas sekolah, tugas rumah, tugas untuk diri sendiri, rasa syukur hari ini agar selalu bahagia, rasa sedih hari ini agar jadi pelajaran, keburukanku dan kebaikanku untuk belajar melakukan evaluasi diri, hingga kata mutiara sebagai media belajar menulis.

Agenda Remaja Prestatif bagaikan sahabat anak muda yang ingin mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif. Anda bisa mencatat tugas harian, rasa syukur, hingga pengalaman pahit agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bisa digunakan untuk anak sendiri atau kado menarik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Sudahkah Anda membuat target menulis?

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com