4

Langkah-langkah Memulai Usaha dari Nol

Seperti informasi di artikel sebelumnya yang berjudul Pentingnya Memiliki Mentor Bisnis Online Agar Usahanya Melesat, membahas perlunya sosok mentor. Selain itu, pebisnis juga harus tahu ilmu ini jika ingin sukses.

Pasalnya, memiliki usaha sendiri sekaligus membuat Anda menjadi pemimpin dari beberapa anak buah. Sebagai pemegang kendali sebuah bisnis, Anda harus paham beberapa hal agar sukses membangun usahanya. Berikut ini setidaknya ada tujuh poin yang wajib diketahui oleh pebisnis yang siap mengejar kesuksesan.

Satu, menyiapkan proposal secara matang sebagai panduan ketika Anda menjalankan bisnis kelak.

Isi proposal antara lain seputar branding, program kerja, rencana produksi atau fasilitas jasa, target yang ingin dicapai, promosi, dan masih banyak lagi. Namun, perlu diingat jika sesempurna apapun proposal Anda akan sia-sia jika tidak dijalankan saat ini juga.

Dua, menyiapkan produk atau jasa secara mendetail.

Sebagai contoh jika Anda menjual produk, pastikan mengenal baik dari segi bahan, proses pembuatannya, atau menemukan produsen yang berkualitas. Sementara untuk bidang jasa, Anda harus melihat program dan fasilitas yang disajikan kompetitor. Usahakan Anda memiliki poin lebih yang menarik pelanggan jika dibandingkan dengan pesaing.

Tiga, mempelajari dunia marketing sebagai salah satu ujung tombak kemajuan usaha Anda.

Baik itu mulai mengenai karakter konsumen yang ingin ditembak, cara promosi seperti apa yang sesuai dengan karakter konsumen, serta media apa saja yang bisa digunakan agar banyak masyarakat yang mengenali usaha Anda. Tujuan utama marketing tentu saja untuk meningkatkan angka penjualan.

Empat, mempelajari arus keuangan dengan tepat.

Walaupun Anda memiliki tim keuangan tersendiri, ada baiknya juga harus belajar agar mampu menciptakan sistem dengan tepat. Melalui sistem keuangan yang benar, dapat membuat arus keluar masuk uang kas lebih terpantau jelas, efisien, dan uang tersebut diperuntukan bagi hal tepat.

Lima, belajar bagaimana mencari, merekrut, dan mengelola sumber daya manusia dengan tepat.

Salah satu kunci kesuksesan sebuah bisnis juga bergantung kepada karyawan di dalamnya. Anda perlu mengetahui bagaimana cara melihat talenta calon karyawan, lalu memberi motivasi agar terus bersikap produktif, hingga memberi pelatihan untuk mengembangkan talentanya.

Enam, terus mengembangkan ilmu seputar bisnis dengan membaca buku, mendatangi seminar, mengikuti pelatihan, belajar melalui pebisnis yang sudah sukses, serta bergabung di komunitas bisnis.

Selain itu, Anda dapat belajar dari pengalaman berbagai pebisnis yang sudah sukses, sekaligus sebagai cermin Anda untuk mengikuti jejaknya.

Tujuh, punya program harian.

Agar setiap hari Anda tahu bagaimana harus menjalankan bisnis, maka buat program hariannya. Anda bisa mencatat di Amazing Giant Calendar sehingga memudahkan Anda melihat to do list setiap hari.

Amazing Giant Calendar sangat direkomendasikan bagi pebisnis, penulis, dan profesi apapun agar produktif. Pasalnya, mendorong pemilik kalender mencari ide harian dan bisa dikaitkan dengan momen hari tersebut. Informasi mengenai Amazing Giant Calendar bisa KLIK DI SINI.

Siap menjadi pebisnis yang sukses? Petakan semua program harian Anda di Amazing Giant Calendar.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 4 comments
Glentina Pasaribu - a few months ago

Wahh boleh nih mba Wuri.
Saya mau 1 ya mba giant calendernya 😊

Reply
Glentina Pasaribu - a few months ago

Hai mba Wuri..
Kemarin saya sudah order Giant Calendarnya.
Selanjutnya bagaimana ya mba?
Konfirmasi transfernya kemana?

Thanks.

Reply
    Wuri Nugraeni - a few months ago

    Halo Kak Glentina, mohon maaf baru membalas yaa…
    Pesanan akan langsung dihandle oleh admin kami yang nanti akan menghubungi kaka lewat whatsapp 🙂 terima kasih

    Reply
Pengelolaan Karyawan agar Produktif dan Bisnis Makin Melesat | INDSCRIPT CREATIVE - a couple of months ago

[…] informasi di artikel sebelumnya yang berjudul Langkah-langkah Memulai Bisnis dari Nol, maka salah satu poin penting adalah mengelola karyawan. Sumber daya manusia di bisnis adalah aset […]

Reply

Leave a Reply: