Langkah-langkah Memulai Usaha dari Nol yang Mudah Dilakukan

Apakah Anda sudah membaca artikel sebelumnya yang berjudul Ini Dia 6 Ciri Pebisnis yang Bisa Sukses? Maka langkah selanjutnya, Anda harus belajar mengetahui cara mengelola bisnis dengan tepat. Pasalnya, ada hal-hal yang terlihat sederhana tapi sering dilupakan oleh pebisnis. Setidaknya, berikut ini ada 3 langkah mudah yang harus Anda lakukan, jika ingin bisnisnya melesat.

Satu, catat kesalahan yang baru saja dilakukan.

Dalam berbisnis, Anda tentu tidak bisa lepas dari kesalahan. Agar hal itu tidak terulang lagi, maka sebaiknya Anda mencatat kesalahan yang pernah dilakukan. Tidak perlu menunggu nanti-nanti, tapi segera catat kesalahan itu secepatnya. Yang penting, Anda sudah mencatatny terlebih dahulu, agar tidak lupa selanjutnya harus mencari solusi.

Sebagai contoh, hari ini Anda melakukan kesalahan, yaitu lupa mencatat pesanan sehingga tidak tahu hari ini Anda dapat pemasukan berapa. Hanya bergantung kepada ingatan, dan belum tentu 100% valid. Catatlah: lupa menulis laporan keuangan. Ketika ada waktunya Anda sedikit lowong, maka buka catatan kesalahan lalu cari solusinya.

Dua, catat solusi dari setiap kesalahan yang pernah dilakukan.

Sudah punya catatan kesalahan, kan? Dan semua pekerjaan bisnis hari ini sudah selesai, maka selanjutnya Anda bisa mencari solusinya. Begitu pula harus mencatat solusi yang akan dilakukan, agar Anda tahu apa saja yang akan dikerjakan. Selain itu, dengan mencatat solusi maka bisa mengingatkan Anda untuk tidak melakukan kesalahan itu lagi.

Sebagai contoh, Anda menemukan solusi dari masalah “lupa menulis laporan keuangan” adalah menulis di kertas yaitu “CATAT KEUANGAN”, lalu pajang tulisan tersebut di dinding dekat meja kerja bisnis Anda. Harapannya, setiap ada order tidak sengaja membaca tulisan tersebut lalu segera mencatat di laporan keuangan.

Tiga, catat rasa syukur hari ini.

Apa saja bisa menjadi hal agar Anda bersyukur. Untuk itu, setiap hari, Anda bisa mencatat hal yang sudah syukuri hari ini. Ketika besok pagi Anda bangun, maka bisa membaca catatan tersebut sekaligus menjadi mood booster untuk semangat mengelola bisnis terus. Dengan sering bersyukur, maka rezeki suka bisa terus mengalir makin kencang.

Ada banyak hal yang harus Anda syukuri setiap hari. Contohnya, kesehatan sehingga hari ini Anda bisa produktif maksimal, atau ide-ide inovasi yang datangnya dari Tuhan sehingga bisnis makin berjalan lancar, maupun tim bisnis yang solid karena berkat mereka bisa melesatkan bisnis, dan masih banyak lagi.

Anda bisa mencatat semua hal itu di Agenda Remaja Prestatif. Isinya apa aja sih? Ada catatan khusus tugas sekolah, tugas rumah, tugas untuk diri sendiri, rasa syukur hari ini agar selalu bahagia, rasa sedih hari ini agar jadi pelajaran, keburukanku dan kebaikanku untuk belajar melakukan evaluasi diri, hingga kata mutiara sebagai media belajar menulis.

Agenda Remaja Prestatif bagaikan sahabat anak muda yang ingin mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif. Anda bisa mencatat tugas harian, rasa syukur, hingga pengalaman pahit agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bisa digunakan untuk anak sendiri atau kado menarik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan apa soal bisnis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: