Langkah-langkah Memulai Bisnis dari Nol yang Harus Diperhatikan oleh Pebisnis

Seperti informasi di artikel sebelumnya yang berjudul Pentingnya Memiliki Mentor Bisnis Online agar Usahanya Melesat. Memang setiap pebisnis sangat dianjurkan untuk memiliki mentor. Tujuannya memudahkan Anda bagaimana menjalankan bisnis ke depannya, sekaligus menambah jaringan bisnis. Tidak menutup kemungkinan ada kerja sama antara Anda dengan mentor, kan? Atau, Anda bekerja sama dengan pihak yang mendapatkan rekomendasi mentor tersebut.

Selain itu, untuk mengembangkan bisnis, para pelaku usaha wajib mengenal teori sebagai dasar menjalankan perusahaannya. Pengetahuan tersebut bisa dari belajar membaca, berjejaring, hingga mentor bisnis. Dengan tujuan akhir agar angka penjualan atau penggunaan jasa Anda makin meningkat. Berikut ini terdapat lima hal yang wajib diketahui oleh pebisnis.

Satu, membuat inovasi.
Yang pertama adalah bisa melakukan inovasi secara berkala terhadap produk atau memberikan fasilitas lebih di bisnis jasa Anda. Inovasi tersebut agar mempertahankan konsumen tidak berpaling ke kompetitor. Selain itu, dapat menarik calon konsumen baru karena produk atau jasa Anda berkembang seiring kebutuhan khalayak. Pasalnya, konsumen suka hal yang baru.

Dua, membuka jaringan baru.
Salah satu alat agar bisnis kian melesat adalah memiliki reseller. Reseller akan membantu usaha Anda dapat menggapai pangsa pasar yang lebih luas. Namun, Anda juga harus tahu bagaimana merekrut hingga mempertahankan kinerja para reseller. Terlebih reseller suka bisnis yang sudah terbukti memiliki segmen jelas sehingga proses jualan lebih mudah.

Tiga, perhatikan promosinya.
Buatlah rencana promosi secara berkala. Anda dapat menggunakan akun media sosial dan blog milik pribadi. Maupun memaksimalkan jejaring sosial dan website milik perusahaan Anda. Tidak ketinggalan, lakukan promosi secara offline agar makin luas informasi usaha Anda yang sampai di telinga masyarakat. Agar jualan lebih maksimal, Anda bisa belajar bagaimana cara menulis promosi yang menarik.

Empat, jalin komunikasi.
Pertahankan komunikasi dengan calon partner bisnis, investor, maupun konsumen. Untuk itu, Anda harus melatih kemampuan berjejaring agar tampil percaya diri dan meyakinkan. Tidak hanya menyampaikan informasi bisnis Anda saja, tetapi juga bertanya mengenai keadaaan mereka agar hubungan kian erat. Untuk itu, Anda harus memiliki buku catatan database.

Lima, pasang target.
Buatlah target penjualan produk atau jumlah penggunaan jasa, minimal ada target yang harus dicapai setiap bulannya. Anda dapat menentukan berapa target tersebut berdasarkan kemampuan diri sendiri. Hadirnya target tadi sebagai motivasi Anda dan tim dalam mengejar tujuan utama berbisnis.

Untuk mendukung Anda bisa meraih target, dapat menggunakan Metrik Pencapaian. Anda cukup mencatat berapa target setiap hari yang ingin diraih, lalu catat juga bagaimana pencapaian hari ini? Apakah berhasil atau tidak dalam meraih target, sehingga setiap akhir bulan Anda bisa melakukan evaluasi dengan melihat catatan di Metrik Pencapaian. Metrik Pencapaian ibaratnya adalah sahabat yang mendukung Anda bisa mengejar target. Informasi mengenai superboard (Metrik Pencapaian) bisa KLIK DI SINI.


Siap melakukan 5 hal di atas?

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com