Langkah Kerjasama dengan Media Online untuk Promosi

Promosi adalah poin penting dalam menggapai kesuksesan. Baik itu pebisnis yang ingin menggapai target angka penjualan, para penulis yang mengharapkan oplah bukunya tergolong tinggi, dan professional dari bidang apapun.

Jika di artikel sebelumnya berjudul 7 Alasan Pentingnya Membangun Kerjasama Bisnis Tanpa Modal, maka yang selanjutnya adalah promosi di media online. Lalu, bagaimana cara bekerjasama dengan media online tersebut?

Langkah pertama adalah Anda harus membuat daftar media online yang tergolong memiliki banyak pengunjung.

Media online yang dimaksud adalah tidak hanya portal berita online, tetapi juga bisa memperhitungkan akun twitter dengan follower banyak, fanpage dengan jumlah like besar, blog dengan jumlah pengunjung tinggi, dan yang lainnya. Anda dapat googling informasinya atau bertanya kepada teman.

Langkah selanjutnya adalah Anda bisa memilih media online tersebut berdasarkan segmentasi folowers.

Setiap bisnis tentu memiliki segmen tersendiri, begitu pula di media online. Jika produk atau jasa Anda untuk kalangan remaja, maka dapat memilih media online dengan gaya bahasa gaul atau khas anak muda. Begitu pula sebaliknya agar informasi usaha Anda lebih tepat sasaran.

Langkah ketiga, buat surat penawaran.

Jika sudah memiliki daftar pasti seputar media online yang akan diajak kerjasama, Anda dapat membuat surat penawaran kerja sama. Anda dapat menulis mulai informasi produk atau jasa, kelebihan, hingga keuntungan bagi pihak media online jika bekerjasama. Kemudian menghubungi media online tersebut mengenai kemungkinan menjadi partner.

Langkah berikutnya adalah menyiapkan konten promosi.

Bila media online ada yang menerima tawaran kerja sama Anda, ada baiknya menyiapkan konten promosi. Konten tersebut disesuaikan dengan karakter media online dan segmen. Sebagai contoh, produk atau jasa Anda adalah untuk kalangan muda, maka dapat menggunakan bahasa gaul yang tengah digemarin oleh remaja masa kini. Selain itu, menulis konten untuk twitter pasti berbeda dengan facebook, atau media sosial lain, karena twitter memiliki batasan karakter.

Langkah yang tidak boleh dilupakan adalah pantau promosinya, ya.

Umumnya, Anda mendapatkan jadwal dari pihak media online mengenai rencana penayangan promosi. Untuk itu, menjadi pebisnis juga wajib memiliki keahlian dalam bidang penulisan konten. Terlebih saat ini tulisan dapat menjadi salah satu alat jitu untuk mengembangkan bisnisnya.

Ada baiknya Anda menyusun program promosi untuk tahun 2018 di Amazing Giant Calendar. Dapatkan juga bonus FREE E-BOOK DAN VIDEO TUTORIAL di AMAZING GIANT CALENDAR 2018 selama masa pre-order. Untuk informasi dan pre-order, silahkan KLIK DI SINI.

Untum membangun kerajaan bisnis, Anda memang harus membangun tim. Salah satunya tim promosi yang bekerja sama dengan pihak lain, yaitu media sosial. Sudah siap mencari media sosial yang pas untuk bisnis Anda?

Pengunjung Juga Mencari:

  • kerja sama media online
  • produk kerjasama dengan media online
Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com