Langkah Awal Memulai Usaha dari Rumah

Jika di artikel sebelumnya yang berjudul Cara Bisnis Sukses yang Jarang Diketahui, maka artikel ini akan memberikan tips selanjutnya. Banyak yang mengaku ingin berbisnis tetapi tidak tahu ingin berbisnis bidang apa. Banyak pula yang ingin terjun di bidang bisnis tetapi bingung harus melakukan apa. Pun banyak yang bermimpi memiliki usaha sendiri tetapi tidak kunjung mewujudkannya. Bagi Anda yang ingin berbisnis dan bingung harus melakukan apa? Segera praktik empat hal berikut ini.

Satu, mencari motivasi berbisnis.

Apakah ingin mendapatkan materi tambahan atau justru penghasilan utama? Atau ingin mengembangkan potensi diri yang sayang kalau dibiarkan begitu saja? Bahkan ada yang ingin mengisi waktu luang agar menjadi lebih produktif. Semua hal tersebut sangatlah wajar, selama motivasi tadi dapat melecutkan semangat Anda berbisnis. Ada baiknya, tulis motivasi di dinding kamar Anda agar selalu ingat.

Dua, membaca buku-buku bisnis, artikel bisnis di internet, bahkan jika perlu mengikuti seminar atau pelatihan bisnis.

Dunia bisnis yang sangat ketat saat ini bisa Anda taklukkan bila memiliki ilmu yang juga terus berkembang. Jadilah orang yang haus ilmu lalu segera action. Jangan terlalu sibuk mencari ilmu bisnis saja.

Tiga, buat rencana bisnis Anda.

Salah satunya dengan membuat perancangan bisnis yang matang. Antara lain membuat program promosi, menentukan harga jual, hingga hal terkecil seperti nama dan tagline. Usahakan Anda tidak mengganti nama bisnis karena sekali diingat oleh konsumen, maka membutuhkan waktu dan tenaga lagi agar pembeli ingat nama bisnis Anda yang baru.

Empat, terjun sebagai pebisnis sekarang juga!

Enyahkan rasa ragu soal kemampuan diri sendiri, buang cibiran miring orang lain mengenai bisnis Anda, lalu selami bidang bisnis Anda secara mendalam. Sehebat apapun impian dan rencana Anda berbisnis, semua akan sia-sia jika tidak terjun sebagai pebisnis saat ini juga.

Maka, tunggu apalagi? Ini saatnya Anda berani berbisnis. Agar mudah diingat, Anda bisa mencatat hal-hal penting di atas di Agenda Remaja Prestatif. Isinya apa aja sih? Ada catatan khusus tugas sekolah, tugas rumah, tugas untuk diri sendiri, rasa syukur hari ini agar selalu bahagia, rasa sedih hari ini agar jadi pelajaran, keburukanku dan kebaikanku untuk belajar melakukan evaluasi diri, hingga kata mutiara sebagai media belajar menulis.

Agenda Remaja Prestatif bagaikan sahabat anak muda yang ingin mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif. Anda bisa mencatat tugas harian, rasa syukur, hingga pengalaman pahit agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bisa digunakan untuk anak sendiri atau kado menarik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan apa soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: