Lakukan Ini sebagai Strategi Menentukan Target Pasar

Seperti informasi di artikel sebelumnya yang berjudul 5 Cara Meningkatkan Target Penjualan, yaitu kenali target pasar Anda. Tapi, tidak semua pebisnis tahu sebenarnya produk atau jasanya itu cocok dijual kepada konsumen yang seperti apa? Padahal, Anda akan lebih mudah menjualnya ketika sudah tahu siapa target pasarnya. Maka, segera lakukan 5 hal ini untuk mengetahui target pasar Anda.

Satu, produk atau jasa Anda dibutuhkan oleh siapa?

Tanyakan kepada diri sendiri, kira-kira produk atau jasa yang Anda jual itu dibutuhkan oleh siapa. Misalnya, Anda menjual buku agenda buat pebisnis dan desainnya khas para ibu. Jadi sebaiknya untuk ibu-ibu yang berbisnis, karena mereka membutuhkan agenda yang memudahkan melakukan manajemen bisnis tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu

Dua, produk atau jasa Anda cocoknya untuk usia berapa?

Dalam menentukan target pasar, harus jelas rentang usia yang akan “ditembak”. Jadi, tidak sekedar produk untuk ibu rumah tangga (IRT). Tapi harus jelas IRT usia berapa? Bisa jadi, produk Anda lebih cocok IRT muda karena desainnya yang cerah, yaitu sekitar 25-35 tahun.

Tiga, siapa yang bisa membeli produk atau jasa Anda dengan harga tersebut?

Selanjutnya, lebih detailkan lagi profil target pasar Anda dengan bertanya, siapa saja yang bisa membeli dengan harga tersebut? Misalnya, produk makanan yang Anda jual senilai 50 ribu. Bisa terlihat mahal bagi orang yang bukan target market Anda. Maka, kira-kira berapa penghasilan per bulan target market Anda sehingga mampu membeli produk dengan harga tersebut?

Empat, di mana target pasar Anda kerap kumpul?

Hal ini berlaku juga dengan “tempat nongkrong” di internet. Misalnya, untuk kalangan anak muda memang cenderung menggunakan instagram, sedangkan kalangan dewasa biasanya lebih suka mengakses FB. Ketika Anda tahu tempat target pasar berada, akan lebih mudah jualan karena menawarkan di tempat yang tepat.

Lima, apa rata-rata kegemaran target market Anda?

Sebagai contoh, Anda menjual produk handsock, bisa membuat profil target pasar, yaitu suka fashion, tidak suka produk yang masal atau lebih suka yang diproduksi terbatas, warnanya lebih suka kalem, dan seterusnya. Semua hal itu bisa menjadi sumber ide Anda ketika akan membuat inovasi bisnis.

Pastikan, Anda mencatat semua profil target pasar di Agenda Remaja Prestatif. Dengan begitu, Anda sudah merekam sosok target pasar bisnis Anda, yang sangat bermanfaat sampai kapan pun. Sebenarnya, isinya apa aja sih? Ada catatan khusus tugas sekolah, tugas rumah, tugas untuk diri sendiri, rasa syukur hari ini agar selalu bahagia, rasa sedih hari ini agar jadi pelajaran, keburukanku dan kebaikanku untuk belajar melakukan evaluasi diri, hingga kata mutiara sebagai media belajar menulis.

Agenda Remaja Prestatif bagaikan sahabat anak muda yang ingin mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif. Anda bisa mencatat tugas harian, rasa syukur, hingga pengalaman pahit agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bisa digunakan untuk anak sendiri atau kado menarik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan apa soal bisnis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

 

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com