Lakukan Ini Saat Membuat Ide Kreatif dan Inovasi dalam Wirausaha

Sudah membaca artikel sebelumnya yang berjudul Langkah-langkah Memulai Bisnis dari Nol yang Harus Diperhatikan oleh Pebisnis. Salah satu rahasia agar bisnis mampu berkembang pesat adalah membuat inovasi secara berkala. Dengan harapan, pelanggan tidak akan pindah ke kompetitor serta menggaet calon konsumen yang baru. Lalu, apa yang harus dilakukan oleh pelaku usaha agar mampu melahirkan inovasi? Anda dapat melakukan beberapa hal berikut ini.

Jika usaha Anda tergolong membuat produk atau barang, bisa membuat inovasi dari bahannya.

Sebagai contoh, Anda adalah pebisnis yang menyediakan batik dengan ciri khas tertentu. Kalau biasanya menggunakan batik dari daerah Anda, coba sesekali membuat batik baru dengan menggunakan batik dari wilayah lain. Seperti biasanya menggunakan batik Pekalongan, bisa membuat produk dari batik Medan.

Selain itu, Anda dapat melakukan inovasi dari segi fungsinya.

Misalnya, Anda hanya menghasilkan produk berupa baju batik saja. Coba kembangkan kreasi batik tersebut dengan memproduksi aksesori, selimut, penutup galon minuman, tas jinjing, hiasan dinding, dan masih banyak lagi, yang semuanya masih menggunakan bahan dasar batik.

Sementara untuk usaha bidang jasa, dapat membuat inovasi dengan memberikan fasilitas lebih dari sebelumnya.

Sebagai contoh, Anda memiliki usaha travel dapat membuka program baru yang menawarkan hotel dengan bintang lebih tinggi dari pada biasanya. Bisa juga menambah fasilitas kendaraan yang lebih besar, lebih nyaman, dan peralatan hiburan di dalamnya.

Tidak ketinggalan, Anda dapat memberikan bonus pada pelanggan yang biasa menyewa jasa Anda.

Misalnya, dengan memberikan promo harga paket liburan yang murah pada waktu tertentu. Anda dapat memberikan informasi tersebut pada pelanggan secara pribadi sehingga konsumen tersebut merasa diperlakukan spesial. Bonus juga dapat berupa souvenir setiap travelling, dan masih banyak lagi.

Agar Anda konsisten melakukan hal-hal di atas, catat juga di Agenda Remaja Prestatif. Isinya apa aja sih? Ada catatan khusus tugas sekolah, tugas rumah, tugas untuk diri sendiri, rasa syukur hari ini agar selalu bahagia, rasa sedih hari ini agar jadi pelajaran, keburukanku dan kebaikanku untuk belajar melakukan evaluasi diri, hingga kata mutiara sebagai media belajar menulis.

Agenda Remaja Prestatif bagaikan sahabat anak muda yang ingin mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif. Anda bisa mencatat tugas harian, rasa syukur, hingga pengalaman pahit agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bisa digunakan untuk anak sendiri atau kado menarik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Selamat berburu inovasi karena setiap orang sebenarnya kreatif, hanya saja perlu diasah terus-menerus agar jeli menangkap ide unik. Anda punya pertanyaan apa soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.