Lakukan Ini Ketika Mencari Review Konsumen

Sebaiknya, Anda harus sudah membaca artikel yang sebelumnya yaitu berjudul 10 Masalah Bisnis dan Solusinya yang Bisa Dilakukan Pebisnis karena masih berkaitan dengan artikel ini. Salah satu hal agar bisnis Anda melesat adalah, kenali apa saja suara konsumen sebagai sumber referensi penting. Lalu, bagaimana cara agar Anda bisa mendapatkan suara konsumen?

Jawabannya adalah, kenali melalui survei. Dalam melakukan survei, Anda harus tidak bisa sembarangan. Misalnya, memang yang mengisi adalah target market Anda, agar jawabannya benar-benar bisa memberidkan dampak positif bagi bisnis Anda. Anda bisa melakukan survei secara offline, atau online yaitu menyebarkan link berisi pertanyaan dari Anda. Lalu, siapkah hadiah sederhana bagi yang sudah mengiri survei tersebut. Selain itu, perhatikan beberapa hal berikut ini:

Satu, tentukan kalimat sapaan yang menyenangkan.

Misalnya, Anda memilih melakukan survei offline, maka tim survei nggak hanya asal sodorin kertas, tapi Anda harus menyiapkan naskah, seperti, “Kami dari bla bla bla, apakah Kakak bersedia meluangkan sedikit waktu…” Sementara untuk survei online, juga harus menjelaskan survei dari mana, untuk apa, dan hadiahnya apa.
Dua, jenis pertanyaan campuran.

Keuntungan memberikan pertanyaan dengan jawaban pilihan itu memudahkan konsumen agar lekas menuntaskan survei. Tapi, kekurangannya Anda tidak mendalam. Maka pastikan gunakan kedua jenis, jadi ada pertanyaan dengan pilihan jawaban dan ada juga yang menulis. Meski begitu, ada beberapa karakter konsumen yang tidak suka menulis jadi bisa saja hanya menjawab yang ada pilihan saja.

Contohnya, untuk pertanyaan seputar biodata responden, tahu produk Anda dari mana, produk favorit mereka, tertarik kasih rekomendasi kepada kerabat atau tidak, itu bisa tergolong pertanyaan dengan jawaban pilihan. Tapi untuk pertanyaan tentang apa yang disukai dan tidak disukai dari produk Anda, saran, itu sebaiknya berupa esai, meski mungkin tidak semuanya mau menjawab esai.

Tiga, ada perubahan.

Yang tidak kalah penting adalah, Anda harus melakukan perubahan setelah melakukan survei. Coba bayangkan, Anda adalah konsumen produk A, sudah mengisi riset dan memberi beberapa saran. Tapi, kelanjutannya ternyata tidak ada perubahan dari produk A tersebut, maka tentu membuat kecewa konsumen. Maka, pastikan hasil survei adalah langkah awal Anda untuk melakukan perbaikan bisnis.

Agar Anda tidak lupa melakukan survei, maka bisa mencatat agenda survei di Daily Activities for Mom (salah satu Superboard dari Indscript) di bagian kegiatan bulanan. Maka, Anda akan mengingat kapan harus melakukan survei. Bahkan, Anda bisa melakukan survei secara online sehingga lebih hemat biaya, waktu, dan tenaga.

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain membantu membuat manajemen waktu, menentukan target, dan meraih impian. Informasi mengenai Superboard bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: