7

Lakukan Hal Ini bagi yang Belajar Menulis

Sebelum menulis buku, tentu Anda harus punya idenya terlebih dahulu. Anda bisa mencari ide seperti tips di artikel sebelumnya yang berjudul 5 Cara Mudah Mencari Ide Menulis Buku. Lalu, selanjutnya adalah Anda harus buat jadwal menulis. Tapi, masih bingung mencari jadwal menulis yang tepat? Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini.

Satu, lakukan menulis di setiap jam lalu tentukan lebih nyaman menulis jam berapa.

Anda bisa menulis di waktu subuh, pagi, siang, sore, malam, atau tengah malam. Lalu rasakan, jam berapa yang paling produktif? Ketika Anda sudah tahu jawabannya, maka rutinlah menulis di jam tersebut. Tapi, sebaiknya hindari tengah malam agar tetap menjaga kesehatan.

Dua, Anda cenderung lowong jam berapa?

Masalah calon penulis itu biasanya merasa nggak sempat menulis. Sekarang pertanyaannya adalah, “Jam berapa Anda biasanya lowong?” Misalnya, jam 1-2 siang karena suka nonton tv. Maka, alihkan setengah jam untuk menulis, baru setengah jam kemudian menonton tv. Setiap orang yang masih sempat duduk santai, itu masih punya waktu lowong kok.

Tiga, di mana pun bisa menulis.

Contohnya, Anda memang sibuk sekali. Tapi yang berada di ibu kota dan sering kena macet, kenapa tidak mengisi waktu macet tersebut dengan menulis? Tapi pastikan Anda tidak menyetir, ya. Sambil menunggu sampai, gunakan waktu macet untuk menulis sedikit demi sedikit. Nanti lama-lama, bisa jadi naskahnya selesai.

Empat, menulis walau sebentar.

Selain di saat macet, ketika Anda harus menunggu, kenapa tidak digunakan untuk menulis? Misalnya, menunggu anak pulang sekolah, ternyata Anda kecepetan 15 menit. Nah, gunakan waktu 15 menit itu untuk menulis. Walau cuma jadi setengah halaman, juga tidak apa-apa. Anda sudah mencicil tulisan juga.

Lima, konsisten akan jadi kebiasaan.

Jika Anda menulis setiap hari, walau cuma sebentar, perlahan-lahan akan menjadi kegiatan menulis sebagai kebiasaan. Bahkan menulis bisa seperti makan yang harus dilakukan. Jika tidak menulis dalam 1 hari, rasanya ada yang kurang. Siap menjadikan kegiatan menulis sebagai kebiasaan sehari-hari, ya?

Agar Anda bisa konsisten, catat kegiatan “menulis” di daftar kegiatan sehari-hari Anda. Bisa juga, mencatatnya di Agenda Remaja Prestatif karena bisa dibawa kemana-mana. Anda bisa menulis, mencatat ide, dan mencatat hal penting lainnya di agenda. Agenda Remaja Prestatif bagaikan sahabat anak muda yang ingin mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif. Anda bisa mencatat tugas harian, rasa syukur, hingga pengalaman pahit agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bisa digunakan untuk anak sendiri atau kado menarik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan apa soal menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 7 comments
Estelita Zainal - last month

Bagaimana agar tulisan yang kita buat bisa menjadi buku yang diterbitkan ? Saya punya resep kue-kue dari Aceh (warisan keluarga) sudah cukup banyak dan sering diuji coba. Ingin sekali bisa menjadi sebuah buku resep. Saya juga sudah menulis banyak jokes tentang ibu-ibu/emak-emak. Kepingin jadi buku Humor Emak Emak. Bagaimana caranya ? terima kasih…..

Reply
    Wuri Nugraeni - last month

    Terima kasih pertanyaannya, akan kami jawab dalam artikel minggu depan ya, yaitu:

    Artikel 1: cara menerbitkan buku resep => Hari Senin
    Artikel 2: cara menerbitkan buku humor emak-emak => Hari Selasa

    Reply
6 Macam Pekerjaan Penulis yang Bisa Jadi Pilihan Tepat | INDSCRIPT CREATIVE - 3 weeks ago

[…] Anda masih belajar menulis? Pastikan sudah membaca artikel sebelumnya yang berjudul Lakukan Hal Ini bagi yang Belajar Menulis. Selanjutnya, tahukah dengan memiliki keahlian menulis, Anda bisa memilih berbagai profesi? […]

Reply
Tips Menulis Mudah dengan Lakukan Hal Ini | INDSCRIPT CREATIVE - 3 weeks ago

[…] Anda masih belajar menulis? Pastikan sudah membaca artikel sebelumnya yang berjudul Lakukan Hal Ini bagi yang Belajar Menulis. Selanjutnya, jika Anda ingin menjadi penulis, sebaiknya melakukan hal sederhana ini setiap hari. […]

Reply
Trik Menulis Agar Percaya Diri dengan Tulisan Sendiri | INDSCRIPT CREATIVE - a couple of weeks ago

[…] di artikel sebelumnya yang berjudul Lakukan Hal Ini bagi yang Belajar Menulis, maka yang tidak kalah penting adalah bagaimana Anda harus percaya diri dengan tulisan yang sudah […]

Reply
Tips Menulis Mudah agar Lancar Menulis | INDSCRIPT CREATIVE - a couple of weeks ago

[…] di artikel sebelumnya yang berjudul Lakukan Hal Ini bagi yang Belajar Menulis, maka yang tidak kalah penting adalah bagaimana Anda lancar ketika menulis. Pasalnya, banyak […]

Reply
Trik Menulis dengan Memanfaatkan Momen | INDSCRIPT CREATIVE - a couple of weeks ago

[…] di artikel sebelumnya yang berjudul Lakukan Hal Ini bagi yang Belajar Menulis, maka yang tidak kalah penting adalah bagaimana Anda bisa menanfaatkan datangnya momen untuk […]

Reply

Leave a Reply: