Lakukan Evaluasi Sebelum Membuat Strategi Promosi

Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul 10 Masalah Bisnis dan Solusinya yang Bisa Dilakukan Pebisnis, agar bisa membuat Anda lebih cepat melakukan preventif sehingga masalah minim datang, atau segera tahu solusi ketika masalah terpaksa datang. Selain itu, Anda harus melakukan evaluasi ketika sepi pembeli. Berikut ini yang bisa Anda lakukan:

Yang pertama adalah melakukan evaluasi pada produknya.

Coba tanyakan, apa yang membuat mereka tidak tertarik dengan produk Anda? Umumnya karena biasa saja (tidak berbeda dengan produk yang lainnya dan bisa jadi yang lain itu lebih murah atau lebih mudah didapatkan), atau penampilan produk kurang menarik dari desain atau warna, dan faktor lainnya.

Yang kedua adalah melakukan evaluasi pada target market.

Apakah Anda sudah mengetahui siapa target market produk Anda? Jika belum, maka Anda akan susah menjualnya. Jangan asal menawarkan barang dagangan, jika tidak sesuai target market pasti akan ditolak. Misalnya, Anda menawarkan produk dari bahan premium ke menengah ke bawah tentu dianggap mahal.

Yang ketiga adalah apakah Anda sudah mengetahui kelebihan dan kelemahan produknya?

Ini juga perlu Anda lakukan, yaitu mencatat 10 kelebihan yang ada di produk Anda dan 10 kelemahan yang ada di produk Anda. Iya, Anda harus mencatatnya dan tidak hanya di bayangan saja, agar memudahkan proses evaluasi dan mencari solusi.

Yang keempat adalah melakukan evaluasi pada tim.

Anda juga harus melakukan evaluasi dari tim. Dengan begitu bisa mencari solusi apakah tim perlu mendapatkan training baru, atau memang tim sudah tidak bisa bekerja sama lagi dengan Anda? Usahakan melakukan training terlebih dahulu jika memungkinkan, baru melakukan opsi yang selanjutnya jika tidak membaik.

Yang kelima adalah melakukan evaluasi pada promosi.

Kenapa harus promosi? karena promosi adalah ujung tombak berbisnis sehingga sebagus apapun sistem bisnis Anda, jika tidak promosi ya tidak akan terjadi closing. Maka tetap maksimalkan promosi agar closing itu bisa datang. Apalagi bisa promosi dari rumah seperti menggunakan WA.

Untuk melakukan optimasi WA sebenarnya sangatlah mudah, karena di BOW (Bimbingan Optimasi WA) memang didesain bagaimana memaksimalkan WA untuk berjualan khusus kalangan perempuan, termasuk ibu rumah tangga (IRT). Kaum perempuan yang suka mengobrol (baik offline dan online) itu ternyata bisa menjadi cara berpromosi di WA yang asyik.

BOW adalah salah satu training dari Indscript yang 100% praktek. Pasalnya pebisnis perempuan memang harus didorong untuk langsung praktek setelah mendapatkan ilmu agar berdampak di bisnisnya. Informasi mengenai training BOW bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Semoga tips (bisnis atau menulis) di artikel ini bermanfaat dan Anda bisa mempraktikkan langsung agar berdampak positif juga.