Konsep Digital Marketing yang Harus Diketahui

Sudahkah Anda membaca artikel sebelumnya yang berjudul Ini Dia Marketing Lewat Media Sosial? Maka, selanjutnya Anda harus tahu di mana saja bisa melakukan digital marketing. Apalagi, dunia masa kini sudah tidak bisa lepas dari internet. Banyak calon konsumen yang mencari informasi produk atau jasa lewat dunia maya. Maka, Anda juga harus memperhatikan digital marketing seperti berikut ini.

Satu, perhatikan konten website bisnis Anda.

Setiap perusahaan, sangat diharapkan memiliki website. Dengan adanya website, akan memudahkan konsumen Anda tahu, Anda jualan produk atau jasa apa, apa spesifikasi atau keunggulan produknya, di mana lokasinya, dan hal penting lainnya. Hal ini juga semakin membuat bisnis Anda lebih dipercaya karena memiliki website yang dikelola secara rutin.

Dua, perhatikan konten media sosial.

Selain memiliki website, hampir semua bisnis masa kini memiliki media sosial. Antara lain fanpage facebook, twitter, instagram, dan masih banyak lagi. Keuntungan memiliki media sosial adalah lebih cepat berinteraksi dengan konsumen. Ketika ada pertanyaan, tentu admin media sosial akan segera menjawabnya. Tidak jarang, kontennya berisi tips yang dicari oleh target market.

Tiga, media chatting.

Tidak hanya website dan media sosial, jualan pun bisa dilakukan di media chatting. Antara lain what’s app, telegram, line, BBM, atau yang lainnya. Tapi, untuk saat ini memang mayoritas menggunakan WA karena konsumen memang lebih banyak menggunakan aplikasi tersebut. Anda bisa promosi lewat status, atau kirim broadcast yang menarik bagi target market.

Empat, kerja sama dengan reviewer.

Saat ini, Anda juga bisa bekerja sama dengan reviewer. Antara lain blogger atau vlogger. Umumnya mereka menggunakan produk Anda terlebih dahulu baru bisa memberikan testimoni. Bahkan, bisa juga untuk bisnis jasa. Biarkan mereka mencoba jasa Anda lalu menceritakan testimoni mereka. Baik itu berupa tulisan saja atau disertai video.

Lima, endorsment.

Dewasa ini, promosi lewat endorsment juga tidak kalah jitunya. Anggap aja, Anda meminta endors dari akun dengan followes 10 ribu. Maka, 10%-nya saja, yaitu 1000, bisa tertarik dengan produk atau jasa Anda. Tapi, pastikan jika followers selebgram tersebut adalah target market Anda, agar promosinya juga tidak kalah sasaran.

Anda bisa merencanakan semua promosi di atas dan dicatat di Agenda Remaja Prestatif. Kenapa harus dicatat? Karena catatan tersebut bisa bermanfaat di kemudian hari. Siapa tahu, 6 bulan ke depan Anda tetap membutuhkan catatan ini. Isi agendanya apa aja sih? Ada catatan khusus tugas sekolah, tugas rumah, tugas untuk diri sendiri, rasa syukur hari ini agar selalu bahagia, rasa sedih hari ini agar jadi pelajaran, keburukanku dan kebaikanku untuk belajar melakukan evaluasi diri, hingga kata mutiara sebagai media belajar menulis.

Agenda Remaja Prestatif bagaikan sahabat anak muda yang ingin mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif. Anda bisa mencatat tugas harian, rasa syukur, hingga pengalaman pahit agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bisa digunakan untuk anak sendiri atau kado menarik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan apa soal bisnis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com