Kiat Sukses Usaha Dagang yang Mudah Dilakukan

Di artikel sebelumnya yang berjudul 5 Cara Memilih Usaha bagi Pemula, maka tentu Anda sudah menentukan akan berbisnis apa? Lalu, selanjutnya adalah apa yang harus dilakukan? Sebenarnya, ada 6 langkah sederhana yang harus Anda lakukan, ketika merintis bisnis dari nol. Keenam langkah tersebut sangat mudah dilakukan oleh Anda sebagai pebisnis pemula, antara lain:

Satu, pisahkan uang pribadi dengan kas bisnis.

Sebelum berbisnis, Anda harus menyiapkan 2 dompet, atau 2 rekening terpisah. Yang pertama adalah rekening pribadi, yang kedua khusus keluar masuk uang untuk bisnis. hal ini harus Anda lakukan sejak pertama berbisnis, dan konsisten sampai kapanpun. Banyak pebisnis yang bangkrut karena hal sederhana, yaitu tidak memisahkan uang.

Dua, selalu mencatat keuangan.

Apapun itu, berapa pun nominalnya, tetap dicatat. Misalnya, hari ini hanya laku 1 buah, ya harus dicatat, atau kemarin mengambil uang 2 ribu rupiah untuk urusan pribadi yaitu beli mie instan, ya dicatat sebagai piutang. Jadi, catatan berisi uang masuk, uang keluar, keterangan, hingga saldo akhir.

Tiga, setiap hari belajar walau cuma sebentar.

Selain itu, sempatkan waktu, walau cuma sebentar, khusus belajar berbisnis. Misalnya, belajar promosi, belajar prospek, intinya belajar mengelola bisnis biar up date ilmu. Pasalnya, karakter konsumen itu selalu berubah dari waktu ke waktu. Untuk menaklukkan karakter konsumen yang berubah, memang dibutuhkan ilmu bisnis.

Empat, aktif di media social pribadi. 

Biar nama Anda semakin hits, karena jika sudah populer akan lebih mudah menjual produk atau jasa apapun, maka harus eksis di media sosial. Antara lain membuat status, menyapa followers, membalas pertanyaan mereka. Intinya meng anggap followers teman, karena bisa jadi sekian banyak dari mereka akan jadi konsumen Anda.

Lima, punya target.

Yang nggak kalah penting itu punya target. Pasang target harian yang kecil dahulu. Sedikit demi sedikit, kalau dilakukan setiap hari, nanti hasilnya jadi bukit omsetnya. Untuk memudahkan Anda mencapai target, bisa mencatat target harian di Metrik Pencapaian lalu dipajang. Dengan melakukan hal tersebut, Anda secara tidak langsung akan terpacu untuk terus mengejar target. Target pun seperti tantangan menarik, bukan hal yang menakutkan lagi.

Enam, membuat program harian.

Anda harus membuat to do list setiap hari. Jadi, tahu apa saja yang akan dilakukan aagr bisa mengembangkan bisnisnya. Misalnya, pagi menyapa followers lewat status, melakukan promosi soft selling, menyapa reseller, dan sebagainya. Dengan punya to do list akan membuat waktu Anda lebih efektif dan efisien.

Jadi, siap melakukan 6 hal dia atas? Tentu sangat sederhana tapi butuh konsistensi, ya. Agar konsisten, catat dan pajang target Anda di Metrik Pencapaian yang sudah digunakan lebih dari 324 perempuan pebisnis ini. Informasi mengenai superboard (Metrik Pencapaian) bisa KLIK DI SINI.

Siap menjadi pebisnis di tahun 2018? Semangat!

Pengunjung Juga Mencari:

  • tip suses usaha date
Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com