Kiat Sukses Usaha Dagang: Tentang Berhutang

Sebelumnya, Anda sebaiknya sudah membaca artikel yang berjudul 6 Kebiasaan Pengusaha Sukses yang Bisa Ditiru, karena dari 6 aktivitas sederhana tersebut bisa mendukung kesuksesan bisnis Anda yang dikelola dari rumah. Selain itu, berbisnis online juga banyak yang menggunakan modal dari utang. Padahal, dalam berbisnis harus menghindari berutang. Berikut ini penjelasannya.

Yang pertama adalah gunakan dari modal yang ada.

Jangan percaya dulu, jika bisnis sukses itu harus menggunakan modal yang besar. Buktinya, Anda bisa menggunakan modal yang ada saja meski tergolong kecil, karena yang terpenting adalah Anda harus menghindari utang. Jika merintis dengan utang, maka ada beban biaya pembayaran utang juga.

Yang kedua adalah hindari juga utang ke suplier.

Saat ini, banyak kemudahan dalam berbisnis seperti suplier memberi izin Anda untuk berutang. Misalnya, Anda adalah produsen gamis, maka kenalan suplier yang menjual kain membolehkan Anda menbayar kainnya dengan dicicil. Hal ini juga sebaiknya Anda hindari dan pilih pembayaran yang tunai dan lunas seketika.

Yang ketiga adalah juga tidak menawarkan pembayaran dicicil kepada konsumen.

Ada yang beranggapan, “Susah kalau jualan tapi nggak boleh dicicil.” Coba lihat kenyataannya? Tetap ada yang tidak membayar sampai sekarang kan? yang rugi juga bisnis Anda sendiri. Maka, Anda harus tegas dan tidak boleh dicicil, lagi pula masih banyak target market lain yang mau bayar tunai.

Yang keempat adalah bijak menghadapi investor.

Mungkin ada investor yang tertarik bekerja sama dengan Anda, ya Anda harus punya kerja sama yang jelas. Misalnya, sistemnya adalah kerja sama, seperti Anda pengelola, sementara investor memberikan modal utama, lalu sistemnya adalah bagi hasil. Pokoknya harus jelas dan hindari seperti berutang kepada investor.

Yang kelima adalah sebaiknya berbisnislah dengan zero utang.

Ini yang lebih ideal. Anda bisa memutar omzet sebagai modal berikutnya, jika memang pada awalnya Anda punya modal kecil dan membutuhkan banyak modal. Berutang terlihat sebagai solusi di awal, tapi tetap Anda harus mengembalikan dalam jumlah yang lebih besar dari pada jumlah utang pokok, kan?

Agar memudahkan Anda atau tim keuangan mengelola kas bisnis, cukup buka dan isi Financial Board for Mom yang didesain khusus memudahkan Anda mengurus keuangan bisnis. Dari mulai membuat Anda mengurus budgedting rumah tangga, budgeting bisnis, target penghasilan, investasi, utang, hingga menghitung penghasilan tetap setiap bulannya sebagai pebisnis.

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain Launching Board for Mom, Writing Board for Mom, Social Media Board for Mom, Financial Board for Mom, Get Reseller Board, MLM’ers Success Board, Metrik Pencapaian, Dreamboard, dan masih banyak lagi. Informasi mengenai Superboard bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.