Kiat Sukses Usaha Dagang: Perbedaan Owner dengan Karyawan

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul 6 Kebiasaan Pengusaha Sukses yang Bisa Ditiru. Pasalnya, Anda bisa melakukan 6 kebiasaan tersebut agar bisnis melesat, meski berbisnis dari rumah. Selain itu, Anda juga harus tahu apa saja perbedaan antara Anda sebagai pemilik bisnis (owner) dengan karyawan (tim Anda) agar bisa maksimal.

Yang pertama adalah menjadi owner harus lebih banyak belajar daripada karyawan.

Owner adalah pemimpin bisnis, sementara untuk menjalankan bisnis juga sangat membutuhkan ilmu. Pengetahuan tersebut wajib Anda bagi kepada karyawan juga. Maka, menjadi pebisnis artinya harus sering belajar. Bisa lewat buku, membaca artikel online, training, melihat video di youtube, diskusi, dan lainnya.

Yang kedua adalah menjadi fokus mencari strategi.

Ini yang sangat membedakan antara owner dengan karyawa. Jika karyawan bertugas dalam hal tekniks, maka owner harus mencari strategi. Misalnya, Anda sebagai owner menemukan strategi bisnis baru yaitu promo setiap hari harus berbeda. Nah, yang melakukan hal teknis (seperti membuat flyer, promosi, mengurus pesanan) adalah tugas karyawan.

Yang ketiga adalah membuat inovasi secara berkala.

Meski begitu, inovasi bisa diberikan dari pihak karyawan. Tapi sebagai owner tetap yang utama menemukan inovasi. Misalnya, omzet menurun, maka Anda harus segera membuat inovasi agar angka repeat order tinggi kembali. Lalu, dari ide inovasi tersebut, akan dilakukan oleh karyawan juga.

Yang keempat adalah memperbanyak link di luar kantor.

Ini juga wajib dilakukan oleh pebisnis, meski Anda ibu rumah tangga (IRT) juga. maka, sempatkan untuk datang ke kopi darat (kopdar) komunitas bisnis, sehingga bisa menambah link bisnis juga. Siapa tahu, jadi dapat suplier yang lebih bagus, ada kerja sama baru yang sama-sama menguntungkan.

Intinya, Anda bertugas mengembangkan bisnis dan tim yang bertugas menjalankan bisnis. Jadi, Anda tetap yang kasih panduan bagaimana tim nantinya harus menjalankan pekerjaan setiap hari agar bisnis Anda semakin melesat. Untuk mendukung hal tersebut, Anda bisa membuat to do list masing-masing karyawan sehingga hasilnya juga maksimal.

Selain itu, Anda bisa membuka dan mengikuti panduan di MINIBOOK 30 LANGKAH OMZET NAIK. Buku yang mudah Anda bawa ke mana saja dan pelajari kapan saja. Dengan adanya panduan, tentu memudahkan Anda tahu harus melakukan apa saja agar bisnisnya berkembang, meski semuanya dikelola dari dalam rumah saja tapi bisa beromzet layaknya perusahaan di gedung besar.

Buku dari Indsrcipt Corporation sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Informasi mengenai buku bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: