Kiat Sukses Usaha Dagang: Pakai Tools atau Organik?

Seperti informasi di artikel sebelumnya yang berjudul 10 Masalah Bisnis dan Solusinya yang Bisa Dilakukan Pebisnis, maka Anda juga harus memperhatikan satu hal ini. Artikel ini akan menjelaskan bagaimana Anda berbisnis antara memilih mendapatkan secara organik (atau alami) maupun lewat tools (atau pakai alat). Nah, simak kelebihan dan kelemahan keduanya, ya.

Sebelumnya, Anda harus ketahui terlebih dahulu apa yang dimaksud organik dengan yang menggunakan tools. Saat ini, dalam berbisnis memang tidak bisa jauh dari tools, seperti cara mendapatkan banyak followers, atau cara menggaet reseller, hingga cara menyimpan order pun bisa menggunakan alat. Meski begitu, jika Anda memilih tetap dengan cara organik juga tidak apa-apa karena masih punya plus minusnya.

Kelebihan organik.

Misalnya untuk mendapatkan followers secara organik, tentu akan lebih terlihat nyata dari pada lewat pembelian followers. Ketika orang dengan suka rela mau follow bisnis Anda, artinya mereka memang suka dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan, maka akan lebih mudah untuk mendapatkan closing. Pasalnya, setiap followers memang ingin mengikuti bisnis Anda.

Kelemahan organik.

Tentu lebih lama karena Anda membutuhkan waktu orang baru mengenali bisnis Anda, lalu mulai tertarik mengikuti akun media sosial bisnis Anda. Yang harus Anda lakukan selama berjalannya waktu adalah konsisten memberikan informasi yang menarik, agar followers merasa kalau media sosial Anda kalau isinya bermanfaat dan tidak sekedar jualan.

Kelebihan menggunakan tools atau alat.

Tentu berbanding terbalik dengan yang organik, yaitu secara waktu memang lebih cepat. Misalnya, Anda pakai tools untuk merekrut dan mengelola reseller, memang bisa mendapatkan banyak reseller dengan lebih cepat. Tapi tantangan berikutnya adalah bagaimana Anda harus bisa mengelola mereka dan tidak sekedar merekrut lalu “menghilang”.

Kelemahan menggunakan tools atau alat.

Anda tidak bisa menjamin apakah followers memang 100% tertarik dengan bisnis Anda, sehingga berbeda dengan organik. Meski angka followers Anda tinggi, tapi bsia jadi interaksinya kecil.

Tapi, bisa juga menggabungkan keduanya, yaitu secara organik atau menggunakan tools. Untuk keperluan tertentu, Anda bisa memilih organik. Sedangkan untuk kepentingan yang lainnya, Anda bisa menggunakan tools. Anda bisa belajar lebih lanjut seputar organik versus tools ini. Ketika merasa tidak sempat belajar, maka Anda membutuhkan manajemen waktu agar bisnis bisa berkembang. Gunakan Daily Activities for Mom (salah satu Superboard Indscript) untuk membuat manajemen waktu agar bisnis bisa melesat.

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain membantu membuat manajemen waktu, menentukan target, dan meraih impian. Informasi mengenai Superboard bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: