Kiat Sukses Usaha Dagang: Menghadapi yang Nyinyir

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul Tips Jualan Online untuk Pemula yang Mudah Dilakukan. Semua tips tersebut dapat dilakukan di dalam rumah agar bisnisnya bisa melesat. Selain itu, Anda juga harus tahu kalau dalam berbisnis pasti pernah mendapatkan kalimat nyinyir. Lalu, bagaimana menghadapi kalimat negatif tersebut? Lakukan beberapa hal ini:

Yang pertama adalah simpan dulu kalimat nyinyir dari mereka.

Baru saja mendengar kalimat nggak enak dari orang lain? Simpan dulu kalimat tersebut. Anda bisa screenshot dulu, atau tidak menghapus chat WA yang isinya negatif tadi. Pokoknya disimpan dahulu dan jangan buru-burur bereaksi atau menghapusnya karena saat itu pasti merasa kesal.

Yang kedua adalah baca kembali kalimay nyinyir tersebut ketika hati sudah tenang.

Setelah menyimpan, Anda bisa melakukan hal lain yang membuat hati senang lagi. Anda bisa melakukan me time, atau mengobrol dengan teman, atau apa saja untuk melupakan rasa kesal. Lupakan sejenak dan ketika hati sudah tenang baru membaca kembali kalimat nyinyir tersebut.

Yang ketiga adalah apakah kalimat nyinyir dari mereka itu negatif? Maka lupakan saja.

Kalimat nyinyi yang negatif itu seperti, “Buat apa jualan? Memangnya penghasilan dari suami kurang?” Padahal motivasi Anda berbisnis karena ingin mengembangkan potensi diri sendiri sekaligus bisa menabung untuk tabungan haji bersama keluarga. Maka, lupakan saja ejekan mereka itu.

Yang keempat adalah apakah kalimat nyinyir dari mereka itu hal positif? Maka jadikan itu sebagai evaluasi.

Contoh kalimay nyinyir yang positif itu bisa tergolong kritik yang membangun. Misalnya, “Ah gamisnya panas.” Bisa juga memang benar karena Anda kurang tepat memilih bahan. Maka jadikan hal itu evaluasi dengan membuat gamis yang lebih nyaman lagi.

Yang kelima adalah kalimat nyinyir itu bisa menjadi sumber kekuatan.

Baik itu kalimat nyinyir yang positif maupun yang negatif. Yang negatif justru bisa menjadi semangat Anda agar apa yang mereka katakan itu tidak benar. Sementara yang positif kan bisa menjadi ide untuk inovasi bisnis.

Selain itu, Anda bisa membuka dan mengikuti panduan di MINIBOOK 30 LANGKAH OMZET NAIK. Buku yang mudah Anda bawa ke mana saja dan pelajari kapan saja. Dengan adanya panduan, tentu memudahkan Anda tahu harus melakukan apa saja agar bisnisnya berkembang, meski semuanya dikelola dari dalam rumah saja tapi bisa beromzet layaknya perusahaan di gedung besar.

Buku dari Indsrcipt Corporation sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Informasi mengenai buku bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: