Kiat Sukses Usaha Dagang Harus Perhatikan Ini

Seperti di artikel sebelumnya yang berjudul 5 Ide Bisnis Kreatif dan Unik bagi Ibu Rumah Tangga¸ maka Anda sudah punya bayangan akan berbisnis produk atau jasa tertentu. Selanjutnya, Anda harus tahu apa saja yang wajib diperhatikan selama mengelola bisnis. Ketika Anda sudah mengetahuinya, maka akan lebih mudah menjalankan dan mengembangkan bisnis.

Satu, cintai target market Anda.

Agar bisnis Anda berkembang tentu membutuhkan closing bertubi-tubi. Nah, agar terus mendapatkan closing, Anda harus mengetahui apa yang dibutuhkan oleh target market. Untuk itu, Anda harus mencintai target market Anda sehingga selalu memberikan yang terbaik kepada mereka. Layaknya orang jatuh cinta tentu akan maksimal memperlakukan orang yang dicintai.

Dua, jaga kepercayaan.

Konsumen mau membeli produk yang Anda jual atau menggunakan jasa yang Anda tawarkan, karena mereka sudah memberikan kepercayaan kepada bisnis Anda. Mereka percaya kalau produk Anda adalah terbaik, dan mereka percaya kalau jasa yang Anda berikan tidak akan mengecewakan. Jadi, berusahalah untuk menjaga kepercayaan dan minimalkan hal yang membuat mereka kecewa.

Tiga, konsisten.

Bisnis yang sukses adalah “buah” dari konsistensi. Antara lain, konsisten melakukan promo tanpa henti, konsisten melakukan prospek setiap hari, konsisten selalu menjaga pelayanan yang terbaik, konsisten terus menjaga komunikasi dengan pelanggan sehingga mereka selalu merasa nyaman dengan bisnis Anda. Jadi, jangan pernah berhenti berkomitmen untuk konsisten mengelola bisnis setiap hari tanpa jeda.

Empat, tidak berharap cepat closing.

Ini yang sering dilakukan oleh pebisnis baru. Baru pertama kali memprospek dan langsung ditolak, terus marah dengan orang tersebut. Padahal, justru Anda harus melakukan edukasi terlebih dahulu sehingga kelak orang tersebut nyaman dengan Anda. Baru setelah itu, ia bisa datang sendiri dan order kepada Anda.

Lima, cari inovasi tiada henti.

Ketika Anda tidak pernah berinovasi, maka tinggal tunggu waktu saja bisnis Anda akan perlahan-lahan ditinggalkan oleh konsumen. Pasalnya, konsumen itu suka hal baru. Dan Anda bisa memberikan hal baru tersebut melalui berinovasi secara konsisten.

Enam, melakukan evaluasi secara berkala.

Anda bisa cek berapa omsetnya setiap hari? Apakah semakin naik atau turun? Jika tetap naik, maka apa yang akan Anda lakukan? Dan bagaimana jika kondisinya justru sebaliknya?

Agar mudah diingat, Anda bisa mencatat hal-hal penting di atas di Agenda Remaja Prestatif. Isinya apa aja sih? Ada catatan khusus tugas sekolah, tugas rumah, tugas untuk diri sendiri, rasa syukur hari ini agar selalu bahagia, rasa sedih hari ini agar jadi pelajaran, keburukanku dan kebaikanku untuk belajar melakukan evaluasi diri, hingga kata mutiara sebagai media belajar menulis.

Agenda Remaja Prestatif bagaikan sahabat anak muda yang ingin mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif. Anda bisa mencatat tugas harian, rasa syukur, hingga pengalaman pahit agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bisa digunakan untuk anak sendiri atau kado menarik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan apa soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: