Kiat Sukses Usaha Dagang Dimulai dari Catatan

Seperti informasi di artikel sebelumnya yang berjudul 10 Masalah Bisnis dan Solusinya yang Bisa Dilakukan Pebisnis, maka Anda juga harus memperhatikan satu hal ini. Sebagai pebisnis sangat dianjurkan untuk mencatat hal-hal sederhana tapi penting. Selain catatan keuangan dan database, sebaiknya pebisnis juga punya catatan ini jika ingin bisnisnya akan bertahan lama.

Satu, program promosi yang pernah atau akan dilakukan.

Misalnya, Anda pernah membuat program promosi buy 1 get 1 free, dan hasilnya laris manis. Maka, Anda bisa mencatat promosi tersebut di catatan promosi yang berhasil. Begitu pula sebaliknya, ketika Anda pernah membuat program promosi diskon 10% tapi ternyata sepi pembeli, maka Anda catat kalau responnya kurang.

Dua, status promosi yang soft selling media sosial.

Saat ini, media sosial, seperti FB, IG, blog, dan lainnya bisa menjadi wadah promosi. Nah, sebaiknya Anda simpan semua konten yang pernah Anda buat, lalu catat juga konten mana yang menarik perhatian calon konsumen dan konten mana yang responnya sepi agar lebih tahu juga.

Tiga, ilmu.

Mungkin Anda tergolong pebisnis yang suka belajar, baik belajar di training bisnis online, atau membaca buku bisnis, atau ikut sharing. Tapi, jangan biarkan ilmu itu disimpan di memori Anda. Sebaiknya Anda mencatat hal-hal penting, agar ketika kelak baru membutuhkan ilmu tersebut, maka Anda tinggal membukanya saja.

Empat, inovasi.

Dalam berbisnis, Anda tentu selalu melakukan inovasi. Sebaiknya, jangan biarkan inovasi itu berjalan begitu saja, tapi catat juga inovasi yang sudah Anda lakukan hingga inovasi yang belum Anda lakukan (meski Anda tidak tahu baru bisa melakukan inovasi tersebut itu kapan). Setidaknya, catat semua hal penting itu dahulu.

Lima, kolaborasi.

Mungkin Anda pernah melakukan kolaborasi bisnis? Misalnya, Anda adalah pebisnis handsock lalu bekerja sama dengan pebisnis gamis, sehingga Anda dan parnert bisnis tersebut membuat paket fashion muslimah. Anda bisa mencatat kolaborasi apa yang sudah atau belum Anda lakukan.

Mengapa semua hal di atas sebaiknya dicatat? Karena bsia mencatat sejarah bisnis Anda. Misalnya, tahun pertama sudah melakukan ini dan itu dan seterusnya. Selain itu, ketika Anda butuh ide maka bisa membuka kembali catatan lama. Anda bisa melakukan program bisnis yang lama dengan sedikit perbaikan.

Selain catatan di atas, sebaiknya Anda juga punya catatan target, aktivitas harian dan pemetaan mimpi di superboard. Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain membantu membuat manajemen waktu, menentukan target, dan meraih impian. Informasi mengenai Superboard bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: