Kiat Sukses Usaha Dagang dengan Menjadi Kreatif

Sebaiknya, Anda harus sudah membaca artikel yang sebelumnya yaitu berjudul 10 Masalah Bisnis dan Solusinya yang Bisa Dilakukan Pebisnis karena masih berkaitan dengan artikel ini. Salah satu hal yang harus Anda perhatikan jika ingin bisnisnya melesat adalah, terus kreatif. Pertama, Anda harus menjadi pemimpin yang kreatif dengan cara berikut ini.

Satu, kreatif mencari reward yang tepat. 

Reward adalah hal penting yang harus Anda siapkan karena bisa memotivasi karyawan untuk bekerja maksimal. Misalnya, menyiapkan reward logam mulia untuk reseller yang paling banyak melakukan penjualan. Kenapa logam mulia? Karena memang mudah dibeli dan ketika mereka membutuhkan uang tunai ya cukup menjualnya saja. Ada ide lain selain logam mulia?

Dua, kreatif membuat reward untuk pelanggan.

Tidak hanya untuk tim penjualan dan karyawan lainnya, tapi Anda bisa memberikan reward buat pelanggan. Mungkin, istilahnya lebih tepat yaitu hadiah. Misalnya, setiap melakukan pembelian sekian rupiah atau dalam jumlah yang besar, maka akan mendapatkan tas eksklusif dari Anda. Carilah produk yang sesuai selera target market sebagai hadiah.

Tiga, kreatif agar menjadi karyawan terbaik.

Pasti sering mendengar kalau Anda harus menyiapkan reward untuk tim penjualan yang maksimal. Tapi, Anda juga bisa memberikan reward kepada tim selain sales. Msialnya, tim keuangan mendapatkan bonus tertentu karena paling on time masuk kerja. Anda bisa memberi hadiah voucher menginap, atau voucher pembelian produk Anda sendiri, dan pilihan kreatif lainnya.

Empat, kasih reward dengan cara kreatif.

Selain kreatif mencari barang sebagai reward, maka Anda juga harus kreatif dalam hal kegiatan. Sebagai contoh, kreatif memberikan reward untuk tim sales terbaik. Anda memilih memberikannya ketika acara ulang tahun bisnis, lalu memberikan kejutan bagi tim yang menang sekaligus pemberian hadiah tersebut. Pasti akan lebih berkesan bagi mereka, kan?

Maka, jadilah pebisnis yang kreatif dalam segala hal, karena kreativitas itulah yang menjadi “ciri khas” Anda dan tidak dimiliki oleh pebisnis lainnya. Ketika Anda kreatif, maka bisa mendorong anak buah untuk kreatif juga.

Untuk memudahkan Anda menjadi pebisnis, memang harus memetakan impian sebagai pebisnis dan lakukan saat ini juga. Mudahnya, Anda bisa membuka Dreamboard (salah satu Superboard Indscript) lalu mengisinya sesuai instruksi. Hal itu secara langsung membuat Anda sudah melakukan pemetaan mimpi menjadi pebisnis. Anda akan lebih tahu apa saja yang harus dilakukan dan fokus mengejar impian sebagai pebisnis.

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain membantu membuat manajemen waktu, menentukan target, dan meraih impian. Informasi mengenai Superboard bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: