Kiat Sukses Usaha Dagang dengan Mengelola Reseller

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul Artikel Manajemen Waktu Khusus bagi IRT yang Berbisnis atau Menulis, agar memudahkan Anda bisa melakukan pekerjaan rumah tangga dengan bisnis atau menulis secara seimbang. Khusus dalam berbisnis, Anda harus mengelola reseller agar bisnisnya semakin berkembang. Tapi, tantangan berbisnis masa kini adalah mengeloal reseller yang terpisah jarak tapi bisa maksimal.

Yang pertama adalah membuat grup online.

Anda bisa memilih menggunakan grup WA, grup FB, grup telegram, dll, secara online agar semua reseller bisa menyatu dan Anda bisa mengelola di satu tempat. Setiap hari, Anda bisa memberikan materi bagaimana berjualan online, secara bertahap, dari materi jualan yang dasar, hingga akhirnya yang lebih kompleks.

Yang kedua adalah Anda harus menyapa mereka setiap hari.

Iya harus setiap hari. Anda tentu ingin mereka berjualan setiap hari, kan? ya Anda juga harus memberikan semangat dan materi cara berjualan setiap hari. Bagaimana mereka mau semangat berjualan kalau Anda jarang aktif di grup reseller? Jika ingin mereka aktif, ya Anda sebagai contoh harus menuntukkan bagaimana aktif tersebut.

Yang ketiga adalah sesekali japri biar akrab.

Anda nggak harus hanya mengobrol reseller di grup besar itu. Bisa juga Anda mengobrol secara personal dengan setiap reseller. Kenapa siapa mereka, di mana tempatnya, dll, sehingga mereka merasa nyaman berbisnis dengan Anda. Rasa nyaman tersebut bisa membuat mereka loyal menjadi reseller Anda.

Yang keempat adalah kenali masalah yang dihadapi oleh reseller.

Anda harus catat semua masalah yang mereka hadapi. Bisanya masalah untuk reseller baru itu nggak bisa closing, bingung cara menawarkan promosi, nggak pede jualan, dll. Kalau reseller yang pasif itu bisa karena nggak tahu harus jualan di mana sehingga memutuskan berhenti jualan.

Yang kelima adalah membuat training yang isinya adalal solusi dari masalah yang dihadapi oleh reseller.

Contoh, reseller ada yang curhat sering ditolak saat jualan. Maka bisa membuat training tentang mengenali siapa target marketnya sehingga tepat sasaran saat jualan, bagaimana pedekate yang asyik sehingga jangan langsung jualan, dll. Jadilah problem solver bagi reseller.

Meski begitu, tanpa ilmu bisnis membuat Anda bingung bagaimana mengelola tim agar menjadi superteam? Namun, kendala bagi IRT yang berbisnis adalah waktu yang tidak banyak untuk belajar. Maka, Anda bisa menggunakan Get Reseller Board (salah satu Superboard Indscript) yang bisa Anda pajang dan bisa membuat Anda action kapan saja, sesuai waktu Anda sendiri. Di dalamnya, sudah ada recruitment checklist sehingga Anda tahu apa yang harus dilakukan setiap hari agar reseller semangat berjualan.

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain Launching Board for Mom, Writing Board for Mom, Social Media Board for Mom, Financial Board for Mom, Get Reseller Board, MLM’ers Success Board, Metrik Pencapaian, Dreamboard, dan masih banyak lagi. Informasi mengenai Superboard bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: