Kiat Sukses Usaha Dagang: Database Bisnis

Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal

Sebelumnya, Anda bisa membaca artikel yang berjudul Tips Jualan Online untuk Pemula yang Mudah Dilakukan. Semua tips tersebut juga bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga (IRT) yang berbisnis dari rumah. Selain itu, berbisnis online juga harus memiliki database target market. Berikut ini penjelasan seputar database dalam berbisnis online dan dari rumah.

Yang pertama yaitu database itu sangatlah penting

Bagi yang berbisnis online dan dari rumah, tentu sangat jarang bertemu dengan calon konsumen. Maka, harus memiliki database seperti nomor kontak WA mereka, hingga akun media sosial sehingga bisa komunikasi lewat japri. Pasalnya, komunikasi Anda dengan calon konsumen memang hanya bisa lewat chatting.

Yang kedua yaitu database bisa dari komunitas

Pertanyaan selanjutny adalah, bagaimana Anda bisa mendapatkan kontak mereka? Yang paling mudah adalah aktif di komunitas mereka sehingga tahu kontak mereka. Misalnya, Anda jualan gamis, maka bisa masuk ke komunitas muslimah, bisa di grup WA sehingga Anda bertemu dengan banyak kontak WA baru juga.

Yang ketiga yaitu database dari grup WA

Bisa juga, Anda sudah masuk ke grup WA, seperti grup WA alumni sekolah dulu, atau wali kelas, dan lainnya. Siapa tahu mereka juga termasuk calon target market Anda, sehingga Anda bisa melakukan pendekatan lewat japri. Silahkan cek anggota grup tersebut yang mungkin termasuk target market Anda.

Yang keempat yaitu database di media sosial

Tidak hanya di WA, di media sosial seperti FB, IG, dll, juga bisa bertemu dengan calon konsumen. Anda bisa masuk ke grup yang kemungkinan besar diisi oleh target market, sehingga memudahkan Anda bertemu mereka, yaitu di satu tempat tapi bisa bertemu banyak orang.

Yang kelima yaitu pastikan Anda kenalan dulu

Jangan diam dan menunggu mereka tahu sendiri kalau Anda berbisnis. Yakin mereka akan tahu sendiri tanpa Anda memberi tahu dahulu? Maka, perkenalkan diri Anda dan aktivitasnya. Tidak perlu langsung promosi, kok. Misalnya, nama saya XXX, aktivitas IRT yang juga berbisnis gamis bahan premium dan syari.

Untuk memudahkan Anda dan tim bekerja maksimal mengelola bisnis, bisa menggunakan to do list book. Buku yang membuat Anda langsung action membuat catatan tugas setiap hari. Jadi, tidak ada lagi cerita lupa promosi, nggak sempat membuat laporan keuangan, bahkan membuat keluarga tetap terawat dan Anda wajib sempat me time agar selalu bahagia.

Buku dari Indsrcipt Corporation sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Informasi mengenai buku dari Indscript bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.