Kiat Sukses Usaha Dagang: Bisakah Membuat Prioritas Bisnis?

Sebelumnya, Anda sudah membaca Artikel Manajemen Waktu Khusus bagi IRT yang Berbisnis atau Menulis, karena manajemen waktu adalah kunci agar IRT tetap bisa melesatkan bisnis atau produktif menulis. Selain itu, dalam berbisnis itu Anda juga harus mengenal prioritas dalam berbisnis. Apalagi, jika saat ini Anda masih berbisnis seorang diri dulu.

Pasalnya, banyak hal yang harus diperhatikan ketika berbisnis. Antara lain, promosi sebagai ujung tombak berbisnis, tapi mengatur keuangan juga nggak kalah penting, juga mengelola tim reseller dari rumah harus maksimal, dan masih banyak lagi. Maka, Anda harus buat prioritas akan melakukan yang mana dahulu? Secara bertahap satu per satu, ya.

Yang pertama bisa fokus bagaimana membuat promosi yang tepat.

Seperti diketahui, jika promosi adalah ujung tombak dalam berbisnis. Sebagus apapun produk atau jasa Anda, jika tanpa promosi, ya bagaimana target market kalau Anda berjualan? Untuk berbisnis online, Anda bisa melakukan promosi soft selling di status media sosial karena sangat terjangkau.

Yang kedua adalah mulai belajar mengatur keuangan bisnis juga..

Jadi, Anda harus tahu bagaimana menghitung harga jual produk atau jasa yang tepat, agar kelak tidak justru mengalami kerugian? Selain itu, berada budget promosi yang aps agar hasilnya maksimal dan tidak terlalu boros juga? Hitung juga biaya operasinal seperti internet, dan lainnya.

Yang ketiga pastikan kalau Anda harus meluangkan waktu untuk belajar.

Belajar itu bisa kok dari rumah, dengan membaca buku bisnis, membaca artikel bisnis, membaca video di youtube seputar tips berbisnis, mengikuti training bisnis secara online, hingga ikut komunitas bisnis lewat online. Tidak harus semuanya dikerjakan, tapi setiap hari usahakan sempatkan belajar meski sebentar.

Yang keempat adalah belajar bagaimana mengelola reseller.

Mungkin Anda masih seorang diri mengurus bisnis dari rumah, tapi tidak menutup kemungkinan Anda juga sudah punya reseller, kan? Anda jangan biarkan mereka jualan sendiri, tapi harus dirawat agar semangat berjualan produk atau jasa Anda, hingga kelak mereka loyal terhadap Anda.

Untuk memudahkan Anda dan tim bekerja maksimal mengelola bisnis, bisa menggunakan to do list book. Buku yang membuat Anda langsung action membuat catatan tugas setiap hari. Jadi, tidak ada lagi cerita lupa promosi, nggak sempat membuat laporan keuangan, bahkan membuat keluarga tetap terawat dan Anda wajib sempat me time agar selalu bahagia.

Buku dari Indsrcipt Corporation sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Informasi mengenai buku bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.