Kiat Sukses Usaha Dagang Berdasarkan Karakter

Seperti informasi di artikel sebelumnya yang berjudul 10 Masalah Bisnis dan Solusinya yang Bisa Dilakukan Pebisnis, maka Anda juga harus memperhatikan satu hal ini. Salah satunya adalah Anda harus mengenali karakter diri sendiri. Pasalnya, secara tidak langsung dengan mengenali karakter Anda maka akan lebih mudah menentukan bagaimana mengelola bisnis ke depannya.

Satu, Anda tergolong karakter yang mana?

Ada banyak karakter orang yang dijelaskan oleh beberapa bidang psikologi. Tapi yang paling mudah bisa mengenal 4 karakter, seperti sanguinis, koleris, phlegmatis, dan melankolis. Anda bisa mencari informasi 4 karakter manusia tersebut di buku hingga artikel online untuk mengetahui Anda cenderung karakter yang mana? Lalu, Anda bisa melakukan langkah selanjutnya.

Dua, kenali apa kelebihan Anda yang dilihat dari karakter tersebut?

Misalnya, Anda tergolong tipe koleris maka memang cenderung memimpin. Nah, ini sangat cocok bagi pebisnis karena membutuhkan jiwa pemimpin. Sementara jika Anda termasuk melankolis mungkin lebih cenderung detail sehingga cocok juga sebagai pebisnis yang harus belajar berbisnis sampai hal detail.

Tiga, kembangkan kelebihan Anda tersebut.

Misalnya, Anda kan tergolong tipe koleris maka bisa mengembangkan kemampuan leadership. Anda bisa makin mengasahnya dengan belajar dari membaca buku hingga kalau perlu juga mengikuti pelatihan kepemimpinan. Pasalnya, jika Anda punya jiwa kepemimpinan, maka akan lebih mudah dipercayai oleh anak buah Anda dan semangat itu juga menular ke karyawan.

Empat, kenali apa kelemahan Anda yang dilihat dari karakter tersebut?

Tidak ada karakter yang sempurna. Masing-masing karakter punya kelebihan dan kelemahannya sendiri. Nah, Anda juga harus memperlajari apa saja kelemahan dari karakter tersebut apa. Misalnya, karakter koleris itu umumnya tidak mendetail, jadi kurang cocok untuk di bagian keuangan yang perlu teliti sampai detail.

Lima, cari solusi dari kelemahan tersebut.

Sudah tahu apa yang jadi kelemahan Anda? Maka selanjutnya adalah cari solusi agar kelemahan tersebut tidak membuat bisnis Anda menurun. Misalnya, Anda tergolong koleris sehingga kelemahannya tidak bisa detail, maka bisa mencoba melatih diri sendiri agar selalu lebih detail. Kalau perlu, catat di kertas lalu pajang di dinding agar terlihat jelas.

Enam, cari orang yang bisa mendukung kelemahan.

Namun, solusi dari menghadapi kelemahan tidak selalu ada diri Anda. Anda juga bisa menjadikan hal itu sebagai patokan ternyata membutuhkan karyawan yang seperti Anda. Contohnya, bagi kalangan koleris bisa membutuhkan karyawan keuangan yang tergolong melankolis karena biasanya mendetail.

Jadi, Anda tidak perlu mengurus bisnis sampai hal terkecil sekalipun. Anda bisa mendelegasikan tugas-tugas teknis kepada karyawan, sementara Anda fokus memetakan impian di Dreamboard (salah satu Superboard Indscript). Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain membantu membuat manajemen waktu, menentukan target, dan meraih impian. Informasi mengenai Superboard bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: