Ketika Jualan Online dan Ponsel Rusak

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul 10 Masalah Bisnis dan Solusinya yang Bisa Dilakukan Pebisnis, agar bisa melakukan antisipasi atau ketika ada masalah sudah tahu harus melakukan apa saja. Selain itu, bagi yang berbisnis online tentu sangat membutuhkan ponsel, baik itu promosi, berhubungan dengan tim hingga konsumen. Lalu, bagaimana jika rusak?

Ketika handphone (HP) rusak maka akan ada banyak data yang hilang. Yang paling penting adalah data kontak suplier, tim, hingga konsumen. Artinya, harta karun Anda sebagai pebisnis bisa lenyap seketika sehingga bisa jadi Anda harus mencarinya dari nol kembali. Tentu hal ini bisa membuat Anda stress, kan?

Yang pertama harus Anda lakukan sekarang adalah maksimalkan teknologi.

Misalnya saja, Anda bisa memilih untuk optimasi WA karena di WA ada fitur yaitu back up percakapan. Jadi, semua chat Anda di WA tersebut tetap bisa dibuka kembali jika kelak dibutuhkan. Apalagi WA adalah aplikasi chatting yang paling banyak digunakan oleh konsumen.

Yang kedua harus Anda lakukan sekarang adalah simpan di tempat yang aman.

Salah satunya, Anda bisa menyimpan semua kontak di email. Jadi, meski nantinya HP rusak sehingga data hilang, tapi data kontak Anda tetap aman karena tersimpan di email. Selain itu, jika Anda ganti HP karena yang lama rusak, juga memudahkan untuk pindah kontaknya.

Yang ketiga harus Anda lakukan sekarang adalah back up data.

Back up data bisa tidak hanya pakai teknologi, tapi Anda juga bisa melakukannya secara manual, atau ditulis juga di buku. Jadi, ketika mendadak HP rusak maka Anda masih punya harta karun yang tersimpan di buku. Selain itu, bisa juga menyimpan di file seperti google drive karena meski komputer atau laptop Anda mendadak rusak, juga tetap bisa dibuka di mana saja.

Maka, aplikasi WA memang sangat dibutuhkan oleh IRT yang berbisnis. Tidak hanya karena banyak penggunanya, tapi juga karena ada sistem untuk back up agar data Anda aman.

Untuk melakukan optimasi WA sebenarnya sangatlah mudah, karena di BOW (Bimbingan Optimasi WA) memang didesain bagaimana memaksimalkan WA untuk berjualan khusus kalangan perempuan, termasuk ibu rumah tangga (IRT). Kaum perempuan yang suka mengobrol (baik offline dan online) itu ternyata bisa menjadi cara berpromosi di WA yang asyik.

BOW adalah salah satu training dari Indscript yang 100% praktek. Pasalnya pebisnis perempuan memang harus didorong untuk langsung praktek setelah mendapatkan ilmu agar berdampak di bisnisnya. Informasi mengenai training BOW bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: