Kenapa Pilih Modal Bisnis Kecil Asal Uang Sendiri?

Seperti informasi di artikel sebelumnya yang berjudul 10 Masalah Bisnis dan Solusinya yang Bisa Dilakukan Pebisnis, maka Anda juga harus memperhatikan satu hal ini. Yang tidak kalah penting adalah modal bisnis. Banyak yang menggunakan modal bisnis dari berutang. Padahal, Anda bisa pakai modal bisnis yang ada sesuai kantong Anda, dan bisnis tetap bisa berkembang. Kenapa harus modal bisnis dari uang sendiri?

Satu, tidak ada bunga.

Bedakan jika Anda berutang untuk memulai bisnis. Anda harus menyisihkan omset bisnis untuk mencicil utang beserta bunganya. Tidak jarang, bunganya tergolong besar dari pada jumlah nominal pinjaman Anda. Apalagi jika Anda terlambat membayar, maka akan ada biaya denda. Berbeda dengan Anda pakai uang sendiri, tidak perlu memikirkan bunga utang.

Dua, tidak tergoda belanja di suplier berlebihan.

Anggap saja Anda cuma punya modal sebesar 100ribu. Anda tentu berhati-hati ketika berbelanja di suplier. Beda dengan Anda yang punya modal bisnis 100juta meski berutang, tentu Anda akan lebih tidak terkontrol ketika berbelanja di suplier. Padahal, setiap pembelanjaan di suplier nantinya harus berhasil Anda jual, kan?

Tiga, tidak akan ada hubungan rumit.

Oke, Anda mungkin tidak berutang di bank sebagai modal usaha karena adan bunga. Tapi, Anda pilih berutang dengan teman atau saudara. Ternyata, bisnis belum berjalan lancar dan Anda tidak kunjung bisa membayar utang tersebut. Selanjutnya bagaimana? Bisa jadi hubungan pertemanan dan persaudaraan retak karena utang yang belum Anda bayarkan.

Empat, lebih cepat balik modal.

Sebagai contoh, Anda berutang di bank 100juta, tentu Anda akan bingung bagaimana bisa lekas balik modal. Bedakan dengan Anda yang hanya pakai modal 100ribu. Bisa jadi, cukup sebulan sudah balik modal sehingga membuat Anda bisa memikirkan hal bisnis lainnya.

Asal, Anda harus menahan diri setiap ada keuntungan bisnis. Pasalnya, keuntungan bisnis yang ada itu harus diputar lagi menjadi modal Anda, dan begitu seterusnya sampai tidak terasa bisa punya modal 100juta dari uang sendiri.

Agar impian Anda sebagai pebisnis lebih cepat tercapai, ada baiknya lakukan pemetaan mimpi. Bagaimana caranya? Mudahnya, gunakan Dreamboard (salah satu superboard dari Indscript) saja.

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain membantu membuat manajemen waktu, menentukan target, dan meraih impian. Informasi mengenai Superboard bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: