Kenali Media untuk Bisnis Online

Sebelumnya, Anda sudah harus membaca artikel yang berjudul Tips Jualan Online untuk Pemula yang Mudah Dilakukan, karena tips tersebut mudah dilakukan dan juga cocok bagi kalangan ibu rumah tangga (IRT). Selain itu, dalam berbisnis online itu tetap harus tahu tepatnya jualan di mana? Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Yang pertama untuk mengetahuinya adalah mencoba semua media bisnis online.

Ada banyak media bagi Anda yang ingin berbisnis online. Antara lain di marketplace juga banyak pilihannya, di whatsapp juga menjanjikan, di fanpage juga menarik, di instagram juga happening, dan masih banyak lagi. Anda bisa mencoba semuanya terlebih dahulu lalu kenali lebih laris di media mana.

Masing-masing media punya kelebihan dan kelemahan sendiri. Misalnya, di marketplace memang Anda tidak perlu mencari calon pembeli tapi harus mudah dikenali mereka, kalau di WA memang perlu memiliki dan mereka juga mau save nomor Anda tapi lebih personal, dan kalau di IG itu mayoritas untuk target market anak muda, dan lainnya.

Yang kedua untuk mengetahuinya adalah cek di media mana saja Anda banyak mendapatkan pesanan.

Untuk itu Anda harus punya catatan setiap pesanan itu dari media mana. Hal ini bermanfaat agar memudahkan Anda ke depannya sebaiknya fokus ke media mana saja, karena memang lebih efektif dan efisien di beberapa media saja.

Bisa saja, Anda mendapatkan laris dari beberapa media, tidak harus memilih 1 media. Misalnya, target market Anda adalah IRT yang banyak pakai WA, FB, dan marketplace, jadinya Anda banyak dapat pesanan lewat media tersebut. Untuk mengetahuinya, memang harus memiliki catatan terlebih dahulu. Jadi, catatan pesanan harus lengkap seperti database konsumen hingga dari media mana.

Yang ketiga adalah Anda bisa fokus ke media tersebut.

Misalnya, Anda bisa laris dari WA, FB, dan marketplace, maka Anda akan fokus di 3 media tersebut dan mungkin menutup akun IG, atau punya hanya jarang posting. Selain itu, Anda bisa memilih 1 media dulu lalu fokus mengembangkannya, jika sudah oke baru lanjut ke media lainnya.

Untuk melakukan optimasi WA sebenarnya sangatlah mudah, karena di BOW (Bimbingan Optimasi WA) memang didesain bagaimana memaksimalkan WA untuk berjualan khusus kalangan perempuan, termasuk ibu rumah tangga (IRT). Kaum perempuan yang suka mengobrol (baik offline dan online) itu ternyata bisa menjadi cara berpromosi di WA yang asyik.

BOW adalah salah satu training dari Indscript yang 100% praktek. Pasalnya pebisnis perempuan memang harus didorong untuk langsung praktek setelah mendapatkan ilmu agar berdampak di bisnisnya. Informasi mengenai training BOW bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Semoga tips (bisnis atau menulis) di artikel ini bermanfaat dan Anda bisa mempraktikkan langsung agar berdampak positif juga.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com