Kenali Apa Saja Kepuasan Pelanggan dengan Cara Ini

Sebelum membaca artikel ini, sebaiknya Anda sudah membaca tulisan yang sebelumnya dan berjudul 10 Masalah Bisnis dan Solusinya yang Bisa Dilakukan Pebisnis. Di artikel ini akan menjelaskan lebih detail tentang apa saja yang dipertimbangkan oleh konsumen sebelum memutuskan membeli atau tidak. Untuk itu, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal di bawah ini:

Satu, dari kemasannya.

Kemasan juga diperhatikan oleh konsumen. Minimal, rapi dan tidak ada yang catat, seperti kotaknya tertekuk atau ada sobek sedikit. Apalagi, kemasan itu menentukan target pasar juga. Jika Anda membidik pasar kalangan menengah ke atas, maka harus membuat kemasan yang eksklusif, seperti box, atau dari kain, maupun dari karton yang tebal.

Dua, dari desainnya.

Hal ini berlaku khususnya untuk produk fashion. Pasalnya, desain sebuah jilbab, pakaian, bawahan, hingga kaos kaki adalah hal pertama yang dilihat oleh konsumen. Bagi konsumen, desain bisa mewakili karakter mereka masing-masing. Tentu jika target market Anda kalangan remaja, akan berbeda desain dengan yang membidik kalangan dewasa.

Tiga, dari fungsinya.

Ini juga hal penting. Bagaimanapun juga, konsumen membeli karena fungsinya. Meski manfaat atau fungsi tergolong beragam, ya. Ada yang memang sesuai dengan manfaat barangnya yang sebenarnya, ada juga yang memberi fungsi prestise bagi pemakai seperti tas bermerek. Apapun itu, pastikan produk Anda memang bermanfaat bagi konsumen.

Empat, menarikkah?

Hal pertama yang dilihat oleh konsumen adalah tampilan produk Anda. Jadi, harus menarik. Misalnya, makanan diwakili oleh foto produk kuliner yang menarik sehingga membuat konsumen ingin segera mencicipinya, atau foto gamis yang dikenakan oleh model sehingga bisa membuat konsumen membayangkan sebagai model tersebut.

Lima, sekali pakai atau tahan lama.

Konsumen juga mempertimbangkan apakah produknya tahan lama atau hanya sekali pakai. Sekali pakai itu seperti makanan maka harus memastikan kalau harganya sepadan dengan rasa dan tampilan kulinernya. Sedangkan tahan lama itu bisa produk fashion, karena konsumen tidak keberatan membeli sedikit mahal asal cenderung awet.

Enam, siapa yang jualan?

Ini juga hal penting, karena konsumen akan membeli di penjual yang nyaman. Penjual bisa juga reseller Anda. Maka, Anda harus punya dan bisa membina reseller dengan tepat karena mereka berada di garda depan dengan konsumen.

Maka, Anda bisa menggunakan Get Reseller Board (salah satu Superboard Indscript) yang bisa Anda pajang dan bisa membuat Anda action kapan saja, sesuai waktu Anda sendiri. Di dalamnya, sudah ada recruitment checklist sehingga Anda tahu apa yang harus dilakukan setiap hari agar reseller semangat berjualan.

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain Launching Board for Mom, Writing Board for Mom, Social Media Board for Mom, Financial Board for Mom, Get Reseller Board, MLM’ers Success Board, Metrik Pencapaian, Dreamboard, dan masih banyak lagi. Informasi mengenai Superboard bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: