Keahlian yang Wajib Dimiliki Pebisnis Meski Berbisnis Rumahan

Seperti informasi di artikel sebelumnya yang berjudul 10 Masalah Bisnis dan Solusinya yang Bisa Dilakukan Pebisnis, maka Anda juga harus memperhatikan satu hal ini. Salah satunya adalah Anda harus tahu apa saja keahlian yang wajib dimiliki oleh pebisnis, meski Anda mengelola bisnis tersebut dari rumah. Nah, keahlian yang harus dimiliki adalah:

Satu, belajar manajerial

Dalam berbisnis, Anda tidak hanya harus paham bagaimana menghasilakn sebuah produk, atau menawarkan jasa. Yang tidak kalah pentingnya adalah, Anda harus belajar manajerial, yaitu bagaimana cara mengatur yang tepat. Pasalnya, dalam berbisnis Anda harus mengatur beberapa hal, dari mulai produksi hingga bagaimana bisa sampai ke tangan konsumen.

Beberapa kejadian dari pebisnis adalah, Anda tahu bagaimana membuat kue misalnya, tapi tidak tahu bagaimana mengelola bisnis kue. Akhirnya, Anda merekrut satu pegawai yang tahu betal bagaimana membuat manajemen bisnis. Tapi, ketika pegawai tersebut berhenti, mungkin ingin pindah pekerjaan, maka Anda bisa bingung bagaimana mengatur bisnis di kemudian hari. Bisa jadi, sebelumnya bisnis Anda melesat tapi mendadak menurun selepas karyawan tersebut berhenti.

Dua, membangun sistem

Perlu diketahui, bisnis itu tidak sekedar bagaimana menghasilkan barang atau gimana menjualnya agar laku. Tapi, membuat sistem yang tepat sehingga setiap anak buah Anda tahu apa saja yang harus dilakukan dan bisnis berjalan lancar. Maka, mulailah mencari sistem yang tepat karena setiap bisnis punya sistem yang cocok sendiri-sendiri. Beberapa contoh sisem adalah:

A. Sistem produksi

Anda harus memiliki standar bagaimana alur memproduksi sebuah barang, agar berlangsung secara efektif dan efisien. Selain itu, agar hasil produk tersebut punya standar yang sama dan bisa lolos quality control sehingga kualitas produk juga terjaga baik.

B. Job descriptoin setiap karyawan

Tujuannya adalah agar setiap karyawan itu tahu apa saja yang harus dilakukannya. Selain itu, bisa membuat waktu kerja menjadi efektif dan efisien karena karyawan sudah tahu mana yang dikerjakan dahulu dengan yang nanti.

C. Sistem pembelian produk

Ini harus jelas dari awal, sehingga konsumen tahu berapa lama proses pemesanan sehingga mereka bisa tahu kapan akan mendapatkan produk yang dibelinya. Dalam alur ini, Anda harus membuat sistem yang berkaitan dengan dari pihak gudang, keuangan, hingga pengiriman.

D. Dan masih banyak lagi.

Agar bisnis Anda semakin tertata dengan baik, MUDAHnya bisa pakai Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain membantu membuat manajemen waktu, menentukan target, dan meraih impian. Informasi mengenai Superboard bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: