Karakteristik Wirausaha yang Wajib Dimiliki

Seperti informasi di artikel sebelumnya yang berjudul 10 Masalah Bisnis dan Solusinya yang Bisa Dilakukan Pebisnis, maka Anda bisa berusaha mengindari 10 masalah tersebut muncul. Selain itu, Anda juga harus tahu karakteristik apa saja yang harus dimiliki oleh pebisni, agar usahanya bisa melesat. Meski Anda berbisnis dari rumah, tetap usahakan memiliki karakteristik berikut ini.

Satu, ketekunan.

Bisnis apapun akan bisa sukses berkat ketekunan Anda melalui semua proses. Mulai dari proses ditolak ketika jualan, proses membuat inovasi tapi gagal total, proses punya reseller tapi pasif semua, dan kejadian pahit lainnya. Tapi, dari peristiwa tidak enak tersebut justru membuat Anda belajar tekun berproses untuk menjadi lebih baik.

Dua, kemampuan menghadapi kenyataan.

Dalam berbisnis, Anda bisa berada ti zona tidak nyaman. Antara lain punya penghasilan bulanan yang tidak pasti dan berbeda dengan karyawan, kondisi ekonomi, respon konsumen yang kadang tidak bisa ditebak, dan hal lainnya. Jadikan hal itu sebagai tantangan, bukan rintangan, agar Anda bisa menghadapi setiap tantangan bisnis.

Tiga, kemampuan minimalisir resiko.

Menjadi pemimpin bisnis, Anda harus bisa meminimalisir resiko. Misalnya, usahakan tidak sampai ada resiko kecelakaan selama proses produksi, atau resiko produk yang cacat, atau resiko pengiriman sehingga produk jadi rusak. Misalnya, agar produk tidak rusak ketika dikirim, Anda harus memikirkan packaging yang tepat dan tahan lama.

Empat, bersikap aktif.

Menjadi pebisnis memang dintuntut untuk aktif. Antara lain aktif di komunitas bisnis untuk menambah jaringan bisnis, aktif menyapa pelanggan sehingga terjalin pertemanan bukan sekedar penjual dengan pembeli, aktif mengelola reseller agar mereka semangat berjualan, dan masih banyak lagi. Jadi, jika ingin tim Anda aktif bergerak, maka Anda sendiri harus menunjukkan contohnya.

Lima, gunakan logika.

Dalam berbisnis, ada kalanya masa bimbang itu datang. Misalnya, apakah mau menerima kerja sama dengan partner A atau tidak. Maka, Anda bisa gunakan logika ketika memutuskannya. Apakah lebih banyak positifnya atau justru sebaliknya.

Enam, membaca dan bersosialisasi.

Menjadi pebisnis tidak hanya cukup membaca buku bisnis lalu action. Begitu pula, menjadi pebisnis tidak hanya cukup bersosialisasi tanpa membaca buku. Tapi, gunakan keduanya. Buku bisa menjadi sumber ilmu sementara bersosialisasi bisa menambah jaringan bisnis.

Keenam karakter di atas bisa Anda asah dengan membuat to do list harian, seperti kapan saatnya membaca buku, dan kapan waktunya bersosialisasi, serta kapan waktunya mencari inovasi, dan lainnya. Anda bisa membuat manajemen waktu di Daily Activities for Mom (salah satu superboard Indscript).

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain membantu membuat manajemen waktu, menentukan target, dan meraih impian. Informasi mengenai Superboard bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: