Karakter Entrepreneurship yang Juga Harus Dimiliki Mompreneur

Sebelumnya, Anda sebaiknya membaca artikel yang berjudul 10 Masalah Bisnis dan Solusinya yang Bisa Dilakukan Pebisnis terlebih dahulu. Agar tahu bagaimana harus menghadapi masalah dan bukan justru membuat Anda memutuskan berhenti berbisnis. Selain itu, Anda juga harus mengenali karakter yang sebaiknya dimiliki oleh pebisnis, termasuk ibu rumah tangga (IRT) yang berbisnis dari rumah.

Yang pertama adalah punya wawasan luas.

Menjadi pebisnis membuat Anda harus mengurus banyak hal. Meski tidak harus diurus sampai detail karena memiliki karyawan. Biasanya, pebisnis harus mengetahui seputar perhitungan keuntungan yang tepat atau keuangan, cara promosi yang jitu, hingga mengelola karyawan dengan berbagai karakter mereka. Untuk itu, harus mau belajar banyak hal.

Yang kedua, harus bisa membuat keputusan tepat.

Dalam berbisnis, Anda harus membuat keputusan seperti berapa harga produk agar tidak rugi, atau berapa budget promosi yang sesuai kantong dan menghasilkan maksimal, hingga promosi sepeerti apa yang cocok bagi target market Anda. Keahlian ini memang membutuhkan proses belajar, maka beranilah membuat keputusan lalu belajar dari kesalahan keputusan sebelumnya.

Yang ketiga, menjadi pemimpin tim.

Menjadi pemimpin harus semangat, sehingga bisa menularkan motivasi kepada tim. Sikap tersebut tidak hanya berupa Anda memberi kalimat motivasi, tapi Anda memberikan contoh bagaimana bekerja keras, sehingga anak buah juga mau bekerja maksimal seperti yang sudah Anda contohkan sehari-hari.

Yang keempat, mencari “nilai” sehingga terlihat berbeda dengan yang lainnya.

Anda harus mengetahui apa kelebihan diri sendiri atau kelebihan produk, sehingga hal itu menjadi “nilai” lebih Anda atau bisnisnya. Contoh, Anda IRT yang berbisnis dan punya keahlian menulis, maka tonjolkan kalau setiap promosi Anda bisa memaksimalkan lewat tulisan atau justru berbisnis jasa penulisan.

Yang kelima, belajar mengelola tim.

Dalam berbisnis, Anda tidak hanya merekrut reseller sebanyak mungkin. Tapi Anda harus bisa membina mereka sehingga bisa berjualan secara maksimal. Biasanya, sudah senang dapat banyak reseller tapi tidak sempat membina, sehingga satu per satu reseller pun mulai pasif berjualan dan akan berdampak pada omset Anda menurun.

Meski begitu, tanpa ilmu bisnis membuat Anda bingung bagaimana mengelola tim agar menjadi superteam? Namun, kendala bagi IRT yang berbisnis adalah waktu yang tidak banyak untuk belajar. Maka, Anda bisa menggunakan Get Reseller Board (salah satu Superboard Indscript) yang bisa Anda pajang dan bisa membuat Anda action kapan saja, sesuai waktu Anda sendiri. Di dalamnya, sudah ada recruitment checklist sehingga Anda tahu apa yang harus dilakukan setiap hari agar reseller semangat berjualan.

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain Launching Board for Mom, Writing Board for Mom, Social Media Board for Mom, Financial Board for Mom, Get Reseller Board, MLM’ers Success Board, Metrik Pencapaian, Dreamboard, dan masih banyak lagi. Informasi mengenai Superboard bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: