Jualan Online Paling Laris dengan Kenali Hal Ini

Sebaiknya, Anda sudah membaca artikel sebelumnya yang berjudul 6 Kebiasaan Pengusaha Sukses yang Bisa Ditiru karena ke enam hal tersebut sangat sedeharna dan mudah dilakukan serta berdampak positif bagi bisnis Anda. Selain itu, Anda harus mengenali apa saja yang disukai konsumen agar bisa laris manis. Anda bisa melakukan hal-hal ini:

Satu, harga terjangkau.
Harga terjangkau ini tergantung kemampuan target market, ya. Jadi, bisa jadi target marketnya kalangan menengah, tapi Anda menjualnya di kalangan bawah sehingga harga produk atau jasa Anda terlalu mahal. Begitu pula sebaliknya, kalangan atas tidak mau membeli produk atau jasa Anda karena terlalu murah sehingga mereka bisa ragu tentang kualitasnya.

Dua, pelayanan yang cepat.
Setiap konsumen pasti ingin dilayani dengan cepat. Untuk menghindari komplain soal pelayanan, Anda bisa memberikan informasi mengenai jam pelayanan Anda. Misalnya, jam tim CS adalah jam 8 pagi sampai dengan jam 5 sore, selama hari Senin sampai dengan Jumat. Maka, ketika Anda slow respon pada hari Sabtu ya konsumen bisa memaklumi.

Tiga, memberikan kemudahah.
Konsumen suka dengan hal-hal yang dimudahkan. Entah itu kemudahan dalam pelayanan maupun produknya. Misalnya, mesin cuci adalah produk yang memudahkan ketika mencuci, atau Anda memberikan pelayanan konsultasi fashion jadi memudahkan konsumen ketika tengah memilih gamis. Nah, temukan kira-kira bisnis Anda memberikan kemudahan apa?

Empat, keramahan.
Dalam berbisnis, pasti akan bertemu dengan konsumen yang membuat kesal. Tapi, yang Anda perlu lakukan adalah bagaimana bisa mengurangi hal itu terjadi, hingga punya standar bagaimana menghadapai konsumen. Contohnya, jika kesalahan dari Anda maka Anda akan memberi voucher gratis, sehingga bisa menutupi rasa kecewa dan mau belanja lagi.

Lima, siapkan naskah komplain.
Setiap ada komplain, biasanya yang pertama tahu adalah tim CS atau reseller Anda, karena mereka yang berhadapan langsung dengan konsumen. Agar tidak membuat konsumen semakin kecewa, maka sebaiknya Anda punya naskah bagaimana tim CS atau reseller menghadapi komplain.

Dan yang terpenting, ketika Anda memberikan janji maka pastikan memberikan hal lebih.
Misalnya, Anda menjual produk yang tergolong mahal dari pada produk sejenis. Tapi Anda memberikan hal lebih, seperti gratis konsultasi setiap pembelian gamis meski mahal, punya CSR yang memberdayakan perempuan, dan masih banyak lagi.

Meski begitu, tidak hanya mengelola konsumen saja, tapi juga punya dan bina tim reseller karena sama-sama membuat produk atau jasa laris. Maka, Anda bisa menggunakan Get Reseller Board (salah satu Superboard Indscript) yang bisa Anda pajang dan bisa membuat Anda action kapan saja, sesuai waktu Anda sendiri. Di dalamnya, sudah ada recruitment checklist sehingga Anda tahu apa yang harus dilakukan setiap hari agar reseller semangat berjualan.

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain Launching Board for Mom, Writing Board for Mom, Social Media Board for Mom, Financial Board for Mom, Get Reseller Board, MLM’ers Success Board, Metrik Pencapaian, Dreamboard, dan masih banyak lagi. Informasi mengenai Superboard bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: