Jenis Perilaku Konsumen Sebelum Melakukan Pembelian

Sebelumnya, Anda harus sudah membawa artikel yang berjudul Tips Jualan Online untuk Pemula yang Mudah Dilakukan, karena agar Anda yakin kalau siapa saja bisa sukses berbisnis asal mau melalui prosesnya. Salah satu hal yang harus Anda perhatikan adalah apa saja yang dipertimbangkan oleh konsumen sebelum memutuskan membeli atau tidak, antara lain:

Satu, apa cirinya?

Konsumen akan memilih produk yang unik atau berbeda dan memang dibutuhkan, maka mau tidak mau ya membeli di tempat Anda lagi. Sebagai contoh, Indscript mengeluarkan aneka modul untuk IRT yang berbisnis, sedangkan konpetitor belum ada yang memproduksi modul tersebut, maka konsumen akan mau repeat order karena hanya di Indscript satu-satunya tempat yang menjual produk tersebut.

Dua, bagaimana mengoperasionalkannya.

Konsumen suka hal yang praktis. Semakin mudah mereka menggunakan produk Anda, maka akan semakin dicari oleh konsumen. Sebagai contoh, modul di Indscript itu tidak hanya membuat konsumen action mengelola bisnisnya atau konsisten menulis, tetapi juga ada list harian sehingga memudahkan konsumen ketika menggunakan modul tersebut dan tidak ragu membelinya.

Tiga, sejauh mana daya tahan produk tersebut.

Konsumen suka produk yang tahan lama, karena akan lebih irit sehingga tidak perlu beli yang baru lagi dan lagi. Bisa jadi, cukup beli 1 kali untuk digunakan selamanya. Untuk itu, Anda bisa memilih bahan yang lebih awet karena konsumen suka produk yang tahan lama. Tentu hal ini tidak berlaku di bisnis kuliner karena lebih pendek waktu kadarluasanya.

Empat, stok melimpah.

Konsumen suka produk Anda, tapi habis, sehingga bisa membuat konsumen kesal. Mungkin, Anda bisa meminta konsumen untuk menunggu hingga produk sudah ada lagi. Tapi, bisa jadi ketika produk sudah ada ternyata konsumen sudah tidak berminat lagi. Maka, pastikan membuat manajemen stok yang tepat agar tidak mengecewakan konsumen.

Lima, berapa harganya.

Ada konsumen yang sangat memperhatikan harganya. Meski Anda menjual produk mahal, tapi ada kualitas, bisa jadi konsumen tersebut tidak keberatan. Intinya, harganya sebanding dengan kualitas produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Enam, bagaimana promosinya.

Produk bagus tapi promosi asal-asalan ya bisa membuat calon konsumen ragu untuk membelinya. “Jangan-jangan tidak sebagus seperti di foto,” seperti itu pikir konsumen. Apalagi bagi Anda yang berbisnis online.

Nah, untuk memudahkan Anda membuat promosi online memang maksimalkan akun media sosial saja. Anda cukup membuka Social Media Board for Mom (salah satu Superboard dari Indscript) lalu isi sesuai instruksi. Apalagi desain khusus Anda agar konsisten melakukan promosi. Pasalnya, promosi dengan tepat dan dilakukan setiap hari akan berdampak pada angka penjualan Anda.

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain Launching Board for Mom, Writing Board for Mom, Social Media Board for Mom, Financial Board for Mom, Get Reseller Board, MLM’ers Success Board, Metrik Pencapaian, Dreamboard, dan masih banyak lagi. Informasi mengenai Superboard bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: