Jenis-jenis Layanan Copywriting

Jasa copywriting saat ini mulai marak seiring dengan pesatnya permintaan akan keterampilan menulis yang profesional untuk berbagai keperluan. Copywriting, yang biasanya dilakukan oleh copywriter, adalah sebuah aktivitas menulis untuk memasarkan sebuah ide, produk, atau bisnis dan menarik perhatian pembaca sehingga akhirnya menggunakan ide, produk, atau bisnis tersebut. Meskipun bekerja dengan tulisan, layanan copywriting tidak hanya menulis biasa seperti yang banyak orang bayangkan.

Ada beberapa jenis layanan copywriting, salah satu layanan copywriting adalah penulisan content website. Namun, yang perlu diingat adalah, copywriter bukanlah content writer. Mereka berbeda dalam tujuan. Dalam copywriting, copywriter harus mampu membuat rencana mengenai web tersebut, dari desain, struktur, kekhasan, hingga target pembacanya. Maka, penting bagi copywriting untuk memahami seluk-beluk web.

Hampir serupa dengan layanan content website, copywriting juga melayani penulisan artikel untuk SEO. Layanan copywriting untuk SEO jelas berbeda dengan penulisan content website. Copywriting SEO betujuan menarik pembaca dan menaikkan ranking web tersebut. Dalam praktiknya, ada strategi tertentu dalam penulisannya, misal pengulangan keyword tertentu atau penggunaan gaya tulis tertentu.

Layanan lain yang ditawarkan oleh copywriting adalah pembuatan brosur atau iklan. Dalam pandangan banyak orang, brosur sebuah perusahaan biasanya dibuat oleh departemen Humas atau PR. Akan tetapi, saat ini banyak instansi yang mempercayakannya pada layanan copywriting profesional yang mampu menuliskan lebih baik dibandingkan PR itu sendiri. Selain itu, dalam bidang marketing, copywriting juga melayani pembuatan slogan, tagline, headline, atau billboard dengan pilihan kata yang menarik dan membekas di hari pembacanya.

Copywriting juga melayani bisnis seperti penerbitan. Hal ini memang jarang ditemui, namun ada kalanya penerbitan membutuhkan buku-buku dengan tema tertentu yang harus segera diterbitkan dalam waktu cepat. Copywriting yang terbiasa menulis cepat, melakukan penelitian dan observasi, akan sangat mudah dalam menyelesaikan pekerjaan ini.

Dengan segudang keterampilan dan layanan yang dimiliki oleh copywriting, akan sangat menguntungkan bila perusahaan memiliki atau mempekerjakan copywriting. Keterampilan, kreativitas, dan kemampuan copywriting yang mampu menjangkau konsumen hanya melalui tulisan tentu merupakan aset penting dalam sebuah bisnis.[]