Jangan Lakukan ini di Komunitas Usaha Pemula

Sudah membaca artikel sebelumnya yang berjudul 5 Hal yang Dilakukan agar Usaha Sepi Biar Rame? Kali ini, justru akan membahas hal-hal yang jangan Anda lakukan setelah bergabung di komunitas bisnis.

Sebagai pebisnis, mengikuti komunitas bisnis adalah hal yang wajib. Banyak sekali manfaat yang Anda dapatkan setelah berkenalan dengan anggota komunitas yang lain. Terlebih para anggota tersebut berasal dari berbagai latar belakang, bidang bisnis yang berbeda, serta pengalaman yang beragam. Namun, masuk ke dalam komunitas saja tidak cukup bila Anda…

Satu, tidak mengikuti diskusi online dan internal di komunitas.

Di komunitas bisnis, kerap mengadakan kelas, diskusi, hingga berbagi cerita secara bebas yang dapat diikuti oleh seluruh anggota. Momen tersebut merupakan peluang emas bagi Anda untuk mendapatkan pengetahuan serta pengalaman menarik dari pebisnis lain yang dapat dijadikan pelajaran.

Dua, tidak mengikuti acara offline yang diadakan oleh komunitas.

Usahakan Anda datang ke setiap acara offline yang membuka pintu untuk berkenalan dengan anggota lain. Hal tersebut dapat menambah daftar link bisnis Anda, sekaligus membuka kesempatan terjadinya kolaborasi bisnis. Jangan lupa, bawa kartu nama agar semakin banyak anggota yang mengenal Anda dan bisnisnya.

Tiga, terus menjadi silent reader.

Tahukan jika hanya menjadi silent reader di komunitas online tergolong rugi. Salah satu cara agar bisnis Anda mulai dikenal oleh anggota komunitas adalah dengan memberi respon di forum online. Jika sering muncul di diskusi online, maka anggota lain akan mengenali kehadiran Anda. Dalam beberapa waktu ke depan, bisnis Anda pun ikut dikenal oleh

Empat, tidak mau kenalan dengan anggota yang lain.

Setelah masuk komunitas bisnis, Anda justru tidak mau berkenalan dengan anggota lain. Hal itu justru merugikan Anda sendiri. Pasalnya, mereka tidak akan mengenali Anda jika Anda sendiri diam. Jangan harap, mereka yang mau dulu berkenalan dengan Anda. Jadi, kenalilah banyak teman sekaligus bisa meningkatkan jaringan bisnis.

Lima, tidak mau terbuka kerjasama dengan anggota yang lain.

Bisnis tidak akan bisa besar jika Anda mengerjakannya sendiri. Maka, buka peluang menjadi reseller. Siapa tahu, teman dari komunitas bisnis ada yang tertarik bekerja sama dengan Anda.

Apalagi sekarang menjelang akhir ytahun 2017. Maka, Anda harus berjanji akan aktif di komunitas bisnis. Tidak jarang, dengan aktif di komunitas tersebut, bisa membuat ide-ide baru bermunculan. Agar ide tersebut tidak hilang begitu saja, Anda bisa mencatat dan membuat rencana kapan dilakukan di satu halaman saja, di Amazing Giant Calendar. Dapatkan juga bonus FREE E-BOOK DAN VIDEO TUTORIAL di AMAZING GIANT CALENDAR 2018 selama masa pre-order. Untuk informasi dan pre-order, silahkan KLIK DI SINI.

Siap menjadi pebisnis yang aktif di komunitas bisnis? Petakan rencananya dari sekarang dengan Amazing Giant Calendar.

Pengunjung Juga Mencari:

  • komunitas menulis untuk pemula 2017
Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com