IRT yang Jualan Online Harus Tahu Ini

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul 10 Masalah Bisnis dan Solusinya yang Bisa Dilakukan Pebisnis, agar bisa melakukan antisipasi atau ketika ada masalah sudah tahu harus melakukan apa saja. Selain itu, bagi ibu rumah tangga (IRT) yang berbisnis, harus tahu aturan yang tidak tertulis dalam berbisnis online. Antara lain:

Yang pertama adalah memiliki foto produk.

Untuk semakin menarik calon pembeli, atau agar pembeli bisa membayangkan bagaimana tampilan produknya, maka Anda sebaiknya melakukan foto produk. Bagi yang berbisnis sebagai reseller, bisa minta foto ke suplier untuk bahan promosi. buat foto produk yang menarik sehingga bisa membuat yang melihat langsung ingin membeli.

Yang kedua adalah memiliki informasi spesifikasi.

Dalam berbisnis online, wajib memiliki data spesifikasi produknya. Misalnya yang jualan gamis, harus kasih data detail seperti warnanya apa saja, lebar dada berapa, panjang gamis berapa, diameter lingkar bawah berapa, dan lainnya. Agar pembeli bisa memilih ukuran yang tepat juga dan menghindari rasa kekecewaan juga.

Yang ketiga adalah buat peraturan kalau barang akan di-keep dalam beberapa waktu saja.

Di bisnis online, pasti ada konsumen yang sudah mendapatkan invoice tapi tidak kunjung transfer. Maka, sebaiknya Anda membuat peraturan berapa lama Anda akan keep barang tersebut. Umumnya sekitar 1-3 hari saja. Hal ini bisa menghindari konsumen yang hobi PHP juga.

Yang keempat adalah memiliki testimoni.

Testimoni adalah salah satu cara jitu yang cepat mendorong calon konsumen untuk membeli. Misalnya, Anda jualan skincare, maka bisa posting testimoni dari konsumen berdasarkan foto before dan after menggunakan produk Anda, sehingga terlihat jelas perbadaannya. Testimoni tidak harus berupa foto, tapi bisa juga screenshot chat dari konsumen. Asal, semuanya asli dan bukan testimoni buatan sendiri, ya.

Yang kelima adalah cari ilmu promosi online.

Bagi yang berbisnis dari rumah, maka sangat mengandalkan promosi online. Salah satunya, Anda bisa memilih media sosial facebook (FB) karena masih banyak peminatnya, khususnya yang target marketnya dewasa.

Suka nyetatus atau chatting di facebook? Tahu nggak kalau dari facebook personal bisa mendatangkan closing? Semua akan dipelajari di Learn All About Facebook (LAAF) dari Indscript, karena akan belajar nyetatus asyik, branding, follow up di FB, dan bonus materi lainnya. Soalnya, jualan di FB itu butuh konten dan flyer tersendiri biar bikin teman FB nggak terasa digiring buat beli jualan Anda. Tenang, triknya juga cocok buat kalangan ibu rumah tangga (IRT) karena mudah banget.

Informasi mengenai training LAAF bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com