Inspirasi Nama Merek yang Klik dengan Bisnis Anda

Seperti di artikel sebelumnya yang berjudul 5 Ide Bisnis Kreatif dan Unik bagi Ibu Rumah Tangga¸ maka Anda sudah punya bayangan akan berbisnis produk atau jasa tertentu. Selanjutnya, Anda harus mencari nama merek bisnis yang tepat. Pasalnya, nama merek tersebut yang akan diingat oleh konsumen dan membedakan bisnis Anda dengan kompetitor. Lalu, bagaimana membuat nama merek yang tepat?

Satu, pilih kata yang sederhana.

Pastikan nama merek bisnis Anda tergolong sederhana. Umumnya terlihat dari mudah pengucapannya. Selain itu, lebih baik bahasa Indonesia jika target marketnya mayoritas orang Indonesia sehingga mudah diingat dan diucapkan. Semakin sederhana nama merek Anda, akan semakin mudah diingat oleh konsumen. Nah, apakah nama merek Anda sekarang sudah mudah diucapkan?

Dua, harus relevan dengan bidang bisnis Anda.

Misalnya, bisnis kami berada di bidang penulisan, maka sangat cocok menggunakan kata IndScript karena ada kata “script” yang artinya “naskah” dan sangat berkaitan erat dengan dunia penulisan. Ketika ada konsumen yang butuh tulisan atau naskah, akan langsung ingat Indscript karena mereknya sangat dekat dengan bidang bisnisnya.

Tiga, perhatikan gaya bahasanya.

Ketika memilih merek, maka Anda harus mengenali siapa target market Anda? Karena hal itu sangat mempengaruhi gaya bahasa yang dipilih dalam membuat merek. Misalnya, target market Anda adalah remaja, maka bisa pilih kata-kata yang gaul, atau target market Anda adalah ibu rumah tangga (IRT), maka pilihlah kata-kata yang dekat dengan kalangan IRT.

Empat, usahakan ada yang unik dari merek bisnis Anda.

Semakin unik nama Anda, maka akan semakin mudah dan lebih lama diingat oleh konsumen. Meski begitu, keunikan tetap perhatikan hal lain, seperti tetap harus relevan dengan bidang bisnis Anda, sesuai dengan karakter target market, sehingga merek yang unik tersebut semakin menarik.

Lima, cek dahulu apakah sudah ada yang menggunakan atau belum.

Sudah punya beberapa pilihan nama merek? Coba cek dahulu, apakah sudah ada yang menggunakannya atau belum. Anda bisa cek lewat gooling di internet. Jika belum, maka segera pakai nama merek tersebut.

Enam, kalau perlu minta pendapat orang lain.

Sebelum Anda memutuskan merek bisnisnya, bisa bertanya kepada orang terdekat. Apakah namanya menarik? Apakah mereknya mudah diingat? Apakah nama merek tersebut mudah diucapkan?

Agar mudah diingat, Anda bisa mencatat hal-hal penting di atas di Agenda Remaja Prestatif. Isinya apa aja sih? Ada catatan khusus tugas sekolah, tugas rumah, tugas untuk diri sendiri, rasa syukur hari ini agar selalu bahagia, rasa sedih hari ini agar jadi pelajaran, keburukanku dan kebaikanku untuk belajar melakukan evaluasi diri, hingga kata mutiara sebagai media belajar menulis.

Agenda Remaja Prestatif bagaikan sahabat anak muda yang ingin mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif. Anda bisa mencatat tugas harian, rasa syukur, hingga pengalaman pahit agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bisa digunakan untuk anak sendiri atau kado menarik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan apa soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: