Inovasi Bisnis adalah Hal Penting Agar Bisa Berkembang

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul 6 Kebiasaan Pengusaha Sukses yang Bisa Ditiru. Pasalnya, 6 kebiasaan tersebut bisa Anda lakukan dari dalam rumah dan mendukung bisnisnya berkembang. Selain itu, agar konsumen mau repeat order lagi dan lagi, memang harus melakukan inovasi. Bisa juga membuat inovasi pelayanan, seperti berikut ini:

Yang pertama adalah harus merekrut tim CS yang tepat.

Anda sebagai pemilik bisnis tentu akan merekrut tim CS yang kelak berhadapan langsung dengan konsumen, jadi mereka mewakili bisnis Anda. Maka butuh cocok tim CS yang ramah dan cekatan. Bagaiaman cara mengetahuinya? Bisa lewat wawancara atau kinta rekomendasi dari orang yang Anda kenal.

Yang kedua adalah harus memiliki kata sapaan yang nyaman bagi konsumen.

Suka beli online atau offline dan penjualnya menyapa dengan kata: sist, atau kak, atau Miss, atau yang lainnya? Hal itu memang bisa membuat konsumen yang mendekat merasa nyaman. Jadi, Anda harus putuskan akan menggunakan kata sapaan apa kepada konsumen?

Yang ketiga adalah bisa membuat ikon tim CS.

Misalnya, di Indscript itu ada Miss Writing dan ada Miss Indscript yang menjadi tim CS. Padahal, di balik keduanya bisa jadi orang yang berbeda. Tapi, yang akan diingat oleh pelanggan adalan kedua Miss tersebut dengan gambar ikon tertentu. Nah, Anda juga bisa melakukan hal itu.

Yang keempat adalah menambah jam kerja tim CS.

Misalnya, dulu tim CS hanya online hari Senin sampai dengan Jumat, tapi Anda membuat inovasi kalau online setiap hari, meski pemenasanan akan diproses setiap hari Senin sampai Jumat saja. Tapi pelanggan boleh konsultasi kapan saja sehingga mereka bisa semakin dekat dengan bisnis Anda.

Yang kelima adalah tim CS harus bahagia.

Bahagia merupakan hal dasar agar semangat beraktivitas. Lalu bagaimana membuat tim CS bahagia? Bisa menyiapkan tempat kerja yang nyaman, setiap pagi sebelum bekerja ikut briefing yang asyik, dan hal-hal yang membuat mereka bsia produktif terus.

Yang keenam adalah mengajak tim CS untuk ikut training agar makin berkembang keahliannya.

Salah satunya, Anda bisa mengikuti training dari Indscript Corporation dengan pilihan training bisnis atau menulis. Training yang 1% ilmu dan 99% praktek ini memang mayoritas untuk perempuan, termasuk ibu rumah tangga (IRT). Pasalnya, profesi pebisnis atau penulis memang tepat bagi perempuan dari rumah, sehingga dengan adanya ilmu memudahkan mereka untuk tahu bagaimana cara berbisnis atau menjadi penulis.

Beberapa judul training yang pernah diadakan adalah Ngiklan Cantik Biar Jualan Banyak Yg Lirik, CLBK-In Jaringan Pemasaran Yang Pergi Lalu Balik Lagi Dan Jualan Lagi, Magnet Closingan Whatsapp, dan masih banyak lagi. Informasi mengenai training terkini bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.