Ini yang Harus Dilakukan Ketika Melakukan Evaluasi Karyawan

Sebelum membaca artikel ini, sudahkan membaca artikel sebelumnya yang berjudul Tips Jualan Online untuk Pemula yang Mudah Dilakukan? Karena penjelasannya masih saling berkaitan. Nah, di artikel ini akan membahas bagaimana mengevaluasi karyawan sehingga mereka produktif dan bisnis Anda ikut melesat. Pasalnya, memiliki karyawan produktif adalah salah satu rahasia bisnis bisa sukses.

Yang pertama, minta mereka cerita bagaimana hari pertama bekerja di bisnis Anda.

Luangkan waktu untuk meminta karyawan menceritakan pengalaman hari pertama mereka bekerja sama dengan Anda. Jika karyawan masih ingat, maka kemungkinan mereka masih nyaman bekerja sama dengan Anda. Tapi jika sebaliknya, mungkin mereka tidak nyaman di tempat Anda sehingga tidak mau mengingat hari pertama bekerja.

Yang kedua, tanyakan apa yang membuat karyawan merasa nyaman bekerja di bisnis Anda.

Umumnya, jika mereka cepat menjawab maka cukup nyaman bekerja sama dengan Anda. Tapi jika susah memberikan jawaban, coba cek lagi mengapa mereka kurang nyaman di tempat Anda. Apakah karena dari segi Anda sendiri sebagai pemimpin, atau lingkungan, atau pekerjaannya sendiri?

Yang ketiga, minta ceritakan apa yang tidak nyaman di bisnis Anda.

Setiap tempat bekerja pasti ada plus dan minusnya. Setelah mereka menceritakan hal nyaman bekerja di tempat Anda, maka Anda harus ketahui hal yang tidak nyaman. Catat semua masukan dari karyawan sehingga Anda kelak bisa membuat kebijakan yang membuat mereka nyaman lagi.

Yang keempat, tanyakan apa perkembangan mereka selama bekerja di bisnis Anda.

Misalnya, tim CS yang awalnya harus tahu cara melayani dan mengurus pesanan, akhirnya belajar bagaimana memprospek sehingga keahlian mereka bertambah. Maka, Anda sebagai pemimpin juga harus mendukung karyawan yang ingin belajar hal baru, bisa lewat pelatihan dari Anda sendiri atau pihak luar.

Yang kelima, apa kendala selama mereka bekerja di bisnis Anda.

Tanyakan pula apa yang pernah atau masih menjadi kendala mereka bekerja. Contohnya, tim CS yang harus mengurus banyak order sehingga butuh HP dengan spesifikasi yang lebih baru lagi. Nah, masukan dari karyawan bisa jadi bahan pertimbangan Anda. Justru, karyawan yang memberi masukan bisa termasuk anak buah yang produktif karena bsia belajar memberi solusi.

Nah, Anda bisa mengajak karyawan menjadi terus produktif dengan membuat pemetaan mimpi. Tujuannya, hal itu bisa memotivasi mereka untuk terus produktif. Tapi, masih bingung bagaimana membuat pemetaan mimpi? Buka dan catat di Dreamboard (salah satu Superboard Indscript) lalu pajang di dinding.

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain membantu membuat manajemen waktu, menentukan target, dan meraih impian. Informasi mengenai Superboard bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: