Ini Dia Syarat Menjadi Editor Buku yang Wajib Diketahui

Jika di artikel sebelumnya yang berjudul Ingin Jadi Penulis Ternyata Tidak Hanya Harus Tahu Cara Menulis lebih membahas sebagai penulis. Maka, di artikel ini justru akan membahas profesi editor.

Apakah Anda ingin menjadi editor? Namun, banyak yang mengaku tidak tahu harus melakukan apa saja sebagai editor. Nah, ini dia yang harus Anda ketahui.

Satu, pelajari Ejaan Bahasa Indonesia (EBI).

Sebagai editor, Anda harus mengenal Ejaan Bahasa Indonesia (EBI), yang dahulu bernama Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Antara lain kapan harus menggunakan huruf kapital atau tidak, kapan menggunakan tanda baca secara benar, serta pemilihan kata dengan tepat, dan masih banyak lagi. Anda dapat belajar semua itu dari kamus lengkap EYD sebagai panduan menjadi editor yang profesional kelak.

Dua, mengecek typo di tulisan penulis.

Selain mendalami EBI, pastikan kalau naskah yang Anda edit tidak ada typo karena dapat mengganggu mata pembaca. Buku yang terlalu banyak typo cenderung kurang disukai oleh pembaca.

Tiga, tetap gemar membaca buku layaknya penulis.

Begitu pula sebagai editor harus membaca berbagai buku. Buku-buku tersebut bisa menjadi bahan referensi Anda mengenali alur cerita, konflik, penokohan, gaya penulisan, serta trend dunia penulisan, dan hal yang lainnya. Maka, tidak hanya mengenal teknik menulis secara baik tetapi juga bagaimana menuangkan pemikiran penulis dalam tulisan yang menarik. Tujuan utama agar memoles naskah menjadi kian memikat tanpa keluar dari ide utama penulis.

Empat, berjejaring dengan penulis.

Tidak jarang, justru editor yang mencari penulis. Tidak harus selalu sebaliknya. Maka, Anda bisa berjejaring dengan berbagai komunitas menulis untuk berkenalan dengan banyak penulis.

Lima, tentunya tugas utama adalah mengedit naskah.

Menjadi editor pun harus melakukan editing naskah. Beberapa editor harus dapat bekerja sama dengan penulis dengan membuka komunikasi agar naskahnya kian menarik perhatian calon pembaca. Tentu saja, profesi editor jangan sampai memasukkan gaya penulisannya sehingga ciri khas penulis tertutup.

Agar semakin banyak “lahirnya” para editor, maka kelas menulis Sekolah Perempuan membuka kesempatan bagi para alumni. Salah satunya bisa magang di Indscript Creative dengan menjadi editor. Anda bisa belajar langsung dari dan bagaimana menjadi editor profesional. Setelah lulus, tentu akan mendapatkan referensi untuk melamar ke penerbit.

Apalagi sekarang sudah menjelang akhir tahun 2017, artinya Anda harus memetakan impian menjadi editor di tahun 2018. Pastikan Anda punya program di tahun 2018 untuk berlatih menjadi editor. Anda bisa menuliskan program harian tersebut di Amazing Giant Calendar. Dapatkan juga bonus FREE E-BOOK DAN VIDEO TUTORIAL di AMAZING GIANT CALENDAR 2018 selama masa pre-order. Untuk informasi dan pre-order, silahkan KLIK DI SINI.

Siap menjadi editor di tahun 2018? Petakan rencananya dari sekarang dengan Amazing Giant Calendar.

Pengunjung Juga Mencari:

  • magang jadi book editor
Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com