Ini Dia Strategi Pemasaran Bidang Usaha Percetakan

Jika di artikel sebelumnya yang berjudul Ini Dia Marketing Lewat Media Sosial, maka di artikel ini akan lebih spesifik di bidang usaha percetakan. Walau saat ini dunia digital kian menguasai, tetapi bisnis di bidang percetakan masih menjanjikan. Antara lain pesanan mencetak undangan, buku Yasin, dan masih banyak lagi. Bagi Anda yang berbisnis percetakan, bisa melakukan promosi berikut ini.

Satu, usahakan memiliki reseller atau sales.

Bisnis percetakan bisa tergolong bisnis jasa, karena umumnya tidak ada produk yang dijual. Hal ini menjadi tantangan tersendiri karena hanya sedikit yang merekrut reseller, atau menjadi sales percetakan tersebut. Maka, tawarkan peluang bisnis menjadi sales freelance agar usaha Anda kian berkembang. Gaji sales tersebut bisa dari setiap proyek yang didapatkannya.

Dua, jadilah produsen juga.

Agar Anda bisa memiliki reseller, maka jadilah produsen juga. Apalagi Anda sudah punya alat untuk mencetak, maka produk yang Anda tawarkan tidak jauh dari bentuk buku atau semacamnya. Artinya, Anda bisa memiliki sales yang bertugas menawarkan jasa cetak, dan reseller yang menawarkan produk buatan bisnis Anda sendiri.

Tiga, menjual produk buku keuangan.

Anda bisa mencetak buku keuangan dengan desain yang menarik. Apalagi, buku keuangan dibutuhkan oleh banyak orang. Dari kalangan ibu rumah tangga, pebisnis, hingga anak kos yang memang terbiasa mencatat keuangan. Usahakan, cari hal yang berbeda dengan buku keuangan lainnya sehingga kian memikat konsumen, seperti dari segi desain.

Empat, buku kalender.

Selain buku keuangan, Anda juga bisa memproduksi dan menjual buku kalender. Buku yang bisa dibawa ke mana-mana sehingga konsumen tahu to do list kemarin apa, hari ini apa, lalu besok apa. Tentu saja, Anda harus buat konsep buku kalender yang menarik agar terlihat menonjol dari pada buku agenda lainnya.

Lima, buku tulis unik.

Buku tulis juga masih dicari oleh banyak orang, meski saat ini terpaan gadget semakin tinggi. Agar tampil berbeda, buat buku tulis yang unik. Antara lain, cover buku yang menarik, lalu bagian isi ada hiasan atau kata-kata motivasi, maupun ada bonus di setiap buku. Gali ide sekreatif mungkin dalam membuat buku tulis yang menarik.

Agar tidak sia-sia, segera catat 5 hal penting di atas bagi Anda yang berbisnis percetakan. Bisa juga mencatat di Agenda Remaja Prestatif. Isinya apa aja sih? Ada catatan khusus tugas sekolah, tugas rumah, tugas untuk diri sendiri, rasa syukur hari ini agar selalu bahagia, rasa sedih hari ini agar jadi pelajaran, keburukanku dan kebaikanku untuk belajar melakukan evaluasi diri, hingga kata mutiara sebagai media belajar menulis.

Agenda Remaja Prestatif bagaikan sahabat anak muda yang ingin mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif. Anda bisa mencatat tugas harian, rasa syukur, hingga pengalaman pahit agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bisa digunakan untuk anak sendiri atau kado menarik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan apa soal bisnis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: