Ini Dia Pentingnya Memiliki Target dalam Bekerja dan Belajar

Seperti informasi di artikel sebelumnya yang berjudul Cara untuk Tetap Konsisten Mengejar Target dengan Bahagia, sudah dijelaskan kalau target harus dimiliki oleh siapa saja yang ingin sukses. Sayangnya, target identik hanya digunakan bagi kalangan pebisnis agar angka penjualannya meningkat. Padahal, siapapun itu baiknya memiliki target agar perjalanan hidupnya lebih terarah. Dengan menentukan target terlebih dahulu juga memberi motivasi selama menjalankan hari-hari ke depan. Selain pengusana, baiknya siapa saja yang wajib punya target?

Satu, pelajar dan mahasiswa.

Pelajar dan mahasiswa yang akan mengadakan acara juga perlu tentukan target. Contohnya punya rencana mengadakan pentas seni (pensi). Dalam rapat pun membuat keputusan beserta deadline setiap seksi. Antara lain seksi publikasi bisa mulai tanggal berapa, tim dana harus mencapai angka berapa, kru acara harus punya rundown maksimal kapan, dan lainnya.

Dua, anak-anak hingga dewasa.

Selain itu, anak-anak hingga dewasa yang sedang menghafal isi Al Qur’an juga harus punya target. Tentukan dalam satu bulan ingin menyelesaikan berapa ayat, atau satu surat, dan pilihan lainnya. Kemudian membuat breakdown target setiap harinya. Bisa setiap hari lima ayat atau satu ayat. Menentukan target baiknya berdasarkan kemampuan diri sendiri.

Tiga, peserta lomba.

Target juga diperlukan bagi siapa saja yang ingin mengikuti lomba. Entah itu lomba menulis, dance, menyanyi, lari, dan masih banyak lagi. Ambil contoh akan mengikuti lomba lari. Maka membuat persiapan fisik diri sendiri jauh sebelum hari H. Buatlah target hari pertama harus selesai lima putaran, besoknya latihan minimal enam putaran, dan begitu seterusnya.

Empat, profesi penulis.

Atau bagi yang ingin punya karya berupa buku juga membuat target. Andai dalam satu bulan harus menyelesaikan novel setebal 150 halaman. Anda punya rencana menulis hanya 15 hari yang artinya setiap hari harus menulis minimal 10 halaman. Lalu 5 hari adalah mengendapkan naskah dan 10 hari sisanya dipakai untuk selft editing.

Jangan lupa, catat target harian Anda di Agenda Remaja Prestatif agar temotivasi untuk terus mengejarnya. Isinya apa aja sih? Ada catatan khusus tugas sekolah, tugas rumah, tugas untuk diri sendiri, rasa syukur hari ini agar selalu bahagia, rasa sedih hari ini agar jadi pelajaran, keburukanku dan kebaikanku untuk belajar melakukan evaluasi diri, hingga kata mutiara sebagai media belajar menulis.

Agenda Remaja Prestatif bagaikan sahabat anak muda yang ingin mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif. Anda bisa mencatat tugas harian, rasa syukur, hingga pengalaman pahit agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bisa digunakan untuk anak sendiri atau kado menarik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Nah, sudahkah Anda memiliki target?

Pengunjung Juga Mencari:

  • pentingnya menentukan target untuk masa depan
Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com