Ini Dia Marketing Lewat Media Sosial

Apakah Anda sudah membaca artikel kami sebelumnya yang berjudul 5 Strategi Menaikkan Omset Bisnis bagi IRT? Maka, artikel ini akan membahas lebih lanjut, yaitu bagaimana promosi lewat media sosial.

Di era serba digital membuka pintu besar bagi para pelaku usaha. Terlebih kebutuhan masyarakat kepada informasi kian meningkat. Apalagi arus informasi di dunia maya yang cepat sukses mencuri perhatian netizen. Bagi pebisnis, akun jejaring sosial juga termasuk sebagai alat marketing. Lalu bagaimana cara memaksimalkannya? Simak tulisan berikut.

Sekarang, setiap perusahaan ada baiknya memiliki website.

Kehadiran website dapat menjadi bentuk serius bisnis Anda. Sekaligus cara untuk mendapatkan kepercayaan konsumen. Di dalam webite wajib menjelaskan visi dan misi perusahaan, produk-produknya, hingga kontak. Ada baiknya menyertakan foto produk, bisa juga potret event, hingga video. Tambahan tersebut dapat lebih meyakinkan konsumen.

Selain itu, miliki akun media sosial khusus bisnis.

Perkembangan akun media sosial sangatlah pesat. Misalnya twitter, dapat menjadi pilihan tepat. Namun, dalam memasarkan produk agak terbatas karena maksimal 240 karakter. Solusinya adalah memilih kata yang singkat, padat, dan persuasif. Jangan lupa menuliskan keunggulan produk atau jasa Anda yang dapat menarik perhatian konsumen. Dapat pula melampirkan foto agar lebih menarik.

Selain twitter, facebook merupakan salah satu akun jejaring sosial yang ramai. Terlebih hadirnya fanpage yang dapat Anda pilih. Buat status secara berkala yang memberi informasi yang dibutuhkan target market Anda dan selipkan seputar produk atau jasa. Sesekali menampilkan foto atau link website bisnis. Manfaatkan pula note dengan menulis tips seputar bidang bisnis Anda, sehingga menambah pengetahuan umum bagi follower.

Selain itu, masih ada you tube yang membebaskan Anda upload video. Bagi sebagian orang, video lebih menarik daripada naskah. Untuk itu, unggah hasil produk atau jasa bisnisnya sehingga konsumen dapat melihat secara tidak langsung. Buat video menarik yang memadukan gambar (baik bergerak maupun tidak), serta musik yang tepat. Dua poin tersebut dapat menahan konsumen melihat sampai ending.

Mulai membangun personal branding di media sosial.

Akun jejaring sosial tidak sekedar bermanfaat untuk komunkasi jarak jauh. Bahkan juga dapat sebagai media mengembangkan personal branding Anda. Misalnya, adalah pebisnis fashion, maka sering menulis mengenai perkembangan pakaian, sehingga perlahan-lahan followers ingat terhadap Anda sebagai pebisnis fashion.

Agar Anda rutin mengisi media sosial sebagai promosi terselubung, catat di Agenda Remaja Prestatif di bagian “Tugas untuk Diri Sendiri”. Tujuannya, mengingatkan Anda mengenai to do list setiap hari.

Agenda Remaja Prestatif bagaikan sahabat anak muda yang ingin mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif. Anda bisa mencatat tugas harian, rasa syukur, hingga pengalaman pahit agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bisa digunakan untuk anak sendiri atau kado menarik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Nah, Anda sendiri sudah punya kebiasaan mencatat kan?

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com