Ini Dia Kesalahan Fatal Pengusaha Pemula

Anda sudah membaca artikel sebelumnya yang berjudul 6 Kebiasaan Pengusaha Sukses yang Bisa Ditiru? Selanjutnya, Anda juga harus tahu apa kesalahan fatal yang kerap dilakukan pebisnis pemula. Umumnya, dilakukan oleh banyak pebisnis tanpa menyadari kalau hal itu bisa membuat usahanya menurun. Maka, hindari 5 kebiasaan berikut ini agar bisnis Anda berjalan lancar.

Satu, baru berpikir: hari ini mau promosi apa?

Promosi itu ujung tombak bisnis. Maka, Anda harus punya program promosi sebelum dilakukan. Jangan baru memikirkan promosi hari ini ketika baru bangun tidur. Minimal, saat ini Anda fokus menyusun program promosi setiap harinya untuk bulan berikutnya. Maka bulan depan cukup action saja sambil menyusun promosi bulan depannya lagi. Dan begitu seterusnya.

Dua, enggak follow up.

Ada calon konsumen yang tanya lewat WA, lalu dijawab begitu saja. Bahkan Anda tidak menyimpan nomor HP-nya sama sekali. Padahal nomor mereka itu harus masuk di database sebagai calon konsumen. Mungkin hari ini tidak membeli, tapi ketika Anda punya program yang menarik, bisa langsung menghubunginya dan bisa jadi mereka tertarik.

Tiga, tidak menjalin komunikasi.

Masih ada yang menganggap, ada order ya senang, kalau enggak ada order ya anggap aja belum rezekinya. Padahal, Anda harus aktif menjemput rezeki. Caranya? Jalin komunikasi dengan konsumen Anda. Misalnya, izin memberi broadcast seputar tips yang mereka butuhkan. Isi broadcast tersebut bisa selipan promosi.

Empat, emosi.

Konsumen memang ada berbagai macam karakter. Ada yang sabar, hingga tidak jarang membuat emosi. Maka, tahan emosi Anda ketika menghadapi konsumen yang marah-marah. Dengarkan apa maunya lalu Anda beri solusi. Misalnya, kesalahan ada di diri Anda, maka bisa memberi voucher sehingga konsumen tersebut mau order lagi.

Lima, tidak mencatat jumlah produk atau tidak melakukan stock opname.

Kenapa harus mencatat? Dengan adanya catatan, Anda tahu produk mana yang best seller, produk mana yang kurang diminati oleh konsumen. Cata tersebut bisa Anda gunakan ketika harus kulakan, sehingga Anda bisa memilih produk dengan lebih tepat.

Mulai sekarang, biasakan melakukan 5 hal di atas. Untuk catatan, bisa ditulis di satu buku seperti Agenda Remaja Prestatif. Isinya apa aja sih? Ada catatan khusus tugas sekolah, tugas rumah, tugas untuk diri sendiri, rasa syukur hari ini agar selalu bahagia, rasa sedih hari ini agar jadi pelajaran, keburukanku dan kebaikanku untuk belajar melakukan evaluasi diri, hingga kata mutiara sebagai media belajar menulis.

Agenda Remaja Prestatif bagaikan sahabat anak muda yang ingin mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif. Anda bisa mencatat tugas harian, rasa syukur, hingga pengalaman pahit agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bisa digunakan untuk anak sendiri atau kado menarik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan apa soal bisnis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com