2

Ini Dia Cara Menulis Pengalaman

Seperti di artikel sebelumnya yang berjudul 5 Cara Menerbitkan Buku buat IRT, maka siapa saja sebenarnya bisa menulis. Sayangnya, banyak yang mengaku tidak punya ide. Apa saja aktivitas Anda hari ini. Padahal, kegiatan setiap hari itu bisa jadi ide menulis berupa pengalaman pribadi. Lebih mudahnya, Anda bisa mengikuti langkah berikut ini.

Satu, catat kejadian hari ini yang membuat Anda bahagia.

Kebahagiaan tidak harus menunggu hal-hal besar terjadi, seperti dapat menang lomba berhadiah jutaan rupiah. Kebahagiaan juga tidak harus berupa materi, misalnya berupa kesehatan jadi bisa produktif. Jadi, catat hari ini apa yang membuat Anda bahagia, lalu kembangkan sebuah dalam tulisan untuk mengajak pembaca bahagia juga.

Dua, catat pengalaman yang membuat Anda sedih hari ini.

Dengan menulis apa yang sudah membuat Anda sedih hari ini, secara tidak langsung bisa membuat perasaan Anda lebih lega. Pasalnya, menulis bisa menjadi media meditasi atau penyembuhan. Tulislah apa dan bagaimana sehingga hal itu membuat Anda sedih. Menulislah secara apa adanya dahulu.

Tiga, catat kejadian yang terjadi akibat kebiasaan jelek Anda.

Misalnya, hari ini Anda kena marah dosen karena terlambat masuk kelas. Pasalnya, semalam Anda begadang nonton serial drama secara maraton. Maka, dengan mencatat Anda akan berjanji tidak mengulanginya lagi. Anda boleh menonton maraton jika besok tidak ada kuliah jam pagi.

Empat, catat kejadian yang sudah membuat orang lain bahagia.

Ini bukan bermaksud pamrih. Tapi bisa jadi ide menulis kok. Sebagai contoh, kemarin Anda membantu orang yang tidak dikenal. Ternyata, hari ini mendapatkan “gantinya” berupa rezeki yang datang tidak disangka-sangka. Ini bisa jadi tulisan untuk memberi inspirasi kepada pembaca. Sekali lagi, luruskan niat bukan ingin riya.

Dengan setiap hari Anda terbiasa mencatat kejadian tersebut di Agenda Remaja Prestatif. Maka Anda sudah memiliki harta karun berupa ide menulis. Pasalnya, Agenda Remaja Prestatif berisi catatan khusus tugas sekolah, tugas rumah, tugas untuk diri sendiri, rasa syukur hari ini agar selalu bahagia, rasa sedih hari ini agar jadi pelajaran, keburukanku dan kebaikanku untuk belajar melakukan evaluasi diri, hingga kata mutiara sebagai media belajar menulis. Ketika Anda membutuhkan ide untuk menulis, maka cukup buka agenda tersebut lalu kembangjadi jadi tulisan.

Agenda Remaja Prestatif bagaikan sahabat anak muda yang ingin mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif. Anda bisa mencatat tugas harian, rasa syukur, hingga pengalaman pahit agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bisa digunakan untuk anak sendiri atau kado menarik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan apa soal menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 2 comments
Mencari Inspirasi Menulis di Saat Weekend | INDSCRIPT CREATIVE - a couple of months ago

[…] di artikel sebelumnya yang berjudul Ini Dia Cara Menulis Pengalaman, maka ide menulis itu sudah ada dan Anda hanya cukup menangkapnya. Apalagi hari ini bertepatan […]

Reply
Tips Mengikuti Lomba Menulis yang Harus Diketahui | INDSCRIPT CREATIVE - a couple of months ago

[…] informasi di artikel sebelumnya yang berjudul Ini Dia Cara Menulis Pengalaman, maka sangat dianjurkan untuk mengikuti lomba. Lomba bisa menjadi ajang latihan hingga tolak ukur […]

Reply

Leave a Reply: