Ini Dia Cara Menglola Usaha Kecil Menjadi Besar

Apakah Anda sudah menentukan akan berbisnis apa? Jika belum, Anda bisa memilih di artikel sebelumnya yang berjudul 5 Ide Bisnis Kreatif dan Unik bagi Ibu Rumah Tangga. Bagi Anda yang sudah berbisnis dan ingin meningkatkan angka keuntungan agar bisnisnya semakin berkembang pesat, atau usahanya kian dikenal banyak orang, maka wajib membaca artikel berikut ini.

Satu, buat perencanaan bisnis secara matang.

Anda harus memiliki program-program jelas sebagai acuan dalam menjalankan usaha. Antara lain berapa target penjualan per hari hingga tahunan, apa nama usaha yang tepat sehingga membuat konsumen mudah mengingat, job description masing-masing tim agar tidak tumpang tindih. Maka, Anda harus mematuhi apa saja yang sudah dibuat dalam rencana bisnis tersebut. Walau sesekali boleh sedikit melakukan perubahan tetapi tidak signifikan.

Dua, Anda harus menciptakan sistem kerja dengan tepat.

Seperti bagaimana sistem laporan keuangannya, bagaimana arus komunikasi antar tim agar efektif, hingga pembagian kerja sesuai potensi. Jika kelak sistem sudah berjalan lancar, maka Anda tidak perlu memeriksa semua pekerjaan anak buah. Karyawan Anda pun sudah tahu apa saja dan bagaimana menjalankan tugasnya.

Tiga, perhatikan juga pola promosi yang akan dilakukan.

Pastikan Anda menggunakan promos offline dan online agar makin maksimal. Untuk itu, buat jadwal dan rencana bentuk promosi. Sebagai contoh, untuk promosi online bekerja sama dengan copywriter agar fanpage usaha Anda bisa “menghasilkan” hingga mengadakan give away.

Empat, tentukan harga jual produk atau jasa secara tepat agar konsumen mau mengeluarkan uang tertentu yang sesuai dengan kualitas yang sepadan.

Dalam menentukan harga, harus disesuaikan dengan kualitas, kemampuan segmen yang akan “ditembak”, serta harga kompetitor. Pastikan harga yang Anda pasang tidak terlalu mahal bagi segmen konsumennya.

Lima, persiapkan marketing kit untuk memudahkan tim promosi Anda.

Sebut saja brosur, leaflet, poster, dan yang lainnya. Masing-masing marketing kit tersebut juga menyantumkan nama produk atau jasa Anda, keunggulan, harga, bonus jika memang ada, kontak perusahaan, hingga tempat pembelian.

Agar mudah diingat, Anda bisa mencatat hal-hal penting di atas di Agenda Remaja Prestatif. Isinya apa aja sih? Ada catatan khusus tugas sekolah, tugas rumah, tugas untuk diri sendiri, rasa syukur hari ini agar selalu bahagia, rasa sedih hari ini agar jadi pelajaran, keburukanku dan kebaikanku untuk belajar melakukan evaluasi diri, hingga kata mutiara sebagai media belajar menulis.

Agenda Remaja Prestatif bagaikan sahabat anak muda yang ingin mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif. Anda bisa mencatat tugas harian, rasa syukur, hingga pengalaman pahit agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bisa digunakan untuk anak sendiri atau kado menarik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan apa soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: