Ini Dia Cara Mengatur Pekerjaan Rumah Tangga dengan Mudah

Menjadi ibu rumah tangga (IRT) memang memiliki segudang aktivitas setiap harinya. Mulai mengurus keuangan, kebutuhan barang seluruh anggota keluarga, asupan makanan, memastikan kebersihan rumah, mengantarkan anak-anak ke sekolah, dan masih banyak lagi. Terkadang, Anda, para IRT, pun merasa tidak tahu harus melakukan yang mana terlebih dahulu karena semua kegiatan itu penting.

Belum lagi, Anda kerap merasa bosan dan stress pun datang. Padahal, Anda harus memiliki me time, atau melakukan hobi, maupun bekerja dan mendapatkan penghasilan dari rumah, agar menjadi IRT yang tetap bisa bahagia. Ingin semua tugas IRT lancar tapi masih punya waktu buat diri sendiri? Coba lakukan hal berikut ini.

Langkah pertama adalah membuat catatan to do list setiap hari.

Jangan lupa, memasukkan aktivitas Anda sendiri. Sebagai contoh, daftar aktivitasnya adalah: ibadah, memasak, membersihkan rumah, mencuci, mengantarkan anak, menulis sebagai pekerjaan, minum teh sendirian sebagai me time, menyetrika, ngobrol dengan suami, belanja, makan, bermain dengan anak, dan lainnya. Harus menulis semua aktivitas, ya.

Selanjutnya, tentukan mana aktivitas prioritas dan tidak prioritas.

Misalnya, aktivitas prioritas adalah ibadah, membersihkan rumah, mengantarkan anak, menulis sebagai pekerjaan, minum teh sendirian sebagai me time. Sedangkan kegiatan yang tidak prioritas adalah memasak karena sesekali bisa beli, mencuci karena terkadang mengirimkan pakaian ke laundry. Tujuannya, agar Anda tahu mana yang harus dilakukan terlebih dahulu, dan mana yang bisa tidak dilakukan.

Pastikan, menulis jadwal harian dan dipajang.

Masukkan semua aktivitas tersebut di jam berapa saja. Kemudian catat dan pasang jadwal harian di dinding agar mudah dilihat. Lebih lebih praktis, bisa menulis di kolom di Daily Activities for Mom. Bisa ditulis dan dihapus lagi. Apalagi ada bonus spidol non-permanen sehingga bisa beli satu kali untuk seumur hidup.

Selain itu, Indscript Creative juga akan membagikan panduan di E-BOOK MANAJEMEN WAKTU dari yang bisa di-download secara GRATIS ini.

DOWNLOAD SEKARANG

Mulai sekarang, jadi IRT yang efektif dan efisien dengan memiliki manajemen waktu. Pekerjaan sebagai IRT beres, masih bisa melakukan me time yang bikin hepi.

 

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: