Ini Dia Cara Memenangkan Lomba Menulis

Di artikel sebelumnya yang berjudul 5 Cara Menerbitkan Buku buat IRT, maka di artikel ini khusus buat yang ingin bisa menang di lomba menulis. Baik Anda yang menjadi IRT, karyawati, hingga pelajar sekali pun.

Pernahkah mengalami sudah mengikuti berbagai kompetisi menulis tetapi kerap berujung ke kegagalan? Padahal Anda merasa sudah menulis naskah dengan riset, meluangkan banyak waktu untuk menulis, serta melakukan self editing berkali-kali, tetapi lagi-lagi kalah dalam lomba menulis. Tahukah jika ada rahasia menang kompetisi menulis? Silahkan simak tips berikut ini.

Satu, membaca tulisan para pemenang terdahulu atau membaca buku dari penerbit yang mengadakan lomba.

Untuk itu, Anda harus berusaha mengumpulkan buku-buku atau naskah pemenang sebelumnya terlebih dahulu. Begitu pula jika lomba menulis cerpen atau cerber di majalah, maka harus membaca tulisan-tulisan pemenang yang lalu. Anggap saja membeli buku atau majalah layaknya modal awal sukses bagi penulis.

Dua, mengenali karakter juri atau penerbit lewat membaca dari pemenang dan buku sebelumnya.

Tiap juri memiliki kecenderungan menyukai gaya tulisan tertentu. Misalnya, ada yang suka menggunakan tema kuliner, atau wisata, dan yang lainnya. Selain itu, bisa jadi juri lebih suka pemilihan diksi yang ringan tetapi memiliki makna mendalam, serta contoh yang lain lagi.

Tiga, menulis berdasarkan gaya penulisan yang dicari oleh juri atau penerbit.

Dengan harapan agar tulisan Anda kelak berhasil mencuri perhatian juri. Sebagai contoh, Anda mengikuti lomba menulis romance, setelah membaca pemenang sebelumnya kemungkinan juri suka karakter toko yang kuat, maka Anda dapat menciptakan sosok yang memiliki ciri khas tertentu.

Empat, diskusi dengan teman yang suka menulis.

Selain itu, Anda bisa mengajak diskusi dengan teman yang suka menulis. Isi diskusi bisa seputar bagaimana rencana Anda dan rencana dia dalam menghadapi menulis, sejauh tulisannya sampai saat ini, atau berbagi kendala seperti tidak punya ide. Dengan mengobrol, setidaknya bisa memotivasi Anda untuk semangat terus mengikuti lomba tersebut, walau jumlah pesaingnya tentu sangat banyak.

Lima, mencatat di agenda.

Tidak banyak yang tahu, bahwa mencatat adalah kegiatan penting jika ingin menang lomba. Anda bisa memulai menulis: harus bisa menjadi pemenang lomba XXX di agenda. Dengan begitu, setiap membuka agenda bisa langsung teringat dan membuat Anda semangat lagi menyelesaikan tulisan lomba. Sudahkah Anda punya agenda sendiri?

Lebih mudahnya, bisa mencatat di Agenda Remaja Prestatif. Agenda tersebut didesain khusus remaja, tapi tidak menutup kemungkinan digunakan oleh siapa saja, atau Anda ingin memberi kado positif yaitu agenda unik ini. Semakin Anda ingin cepat merasakan menjadi pemenang lomba, semakin membutuhkan Agenda Remaja Prestatif segera. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Ingin menang lomba? Jangan lupa mencatat, ya!

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com